Cara Membuat Akar Nebari Pada Pohon Bonsai

Nebari

Tanaman bonsai biasanya memiliki akar yang menonjol di permukaan tanah yang membuatnya tampak kokoh dan indah. Dalam dunia bonsai akar seperti itu disebut sebagai Nebari.

Menanam bonsai dengan akar nebari sangat penting untuk penampilan bonsai. Jika kamu memiliki pohon yang sudah dewasa, itu harus memakai langkah-langkah khusus untuk merestrukturisasi nebari yang tepat. Berbeda dengan pohon yang masih muda (bahan bonsai), pembuatannya lebih sederhana dan tidak ada cara yang rumit.



INFO : Sebelum membuat akar nebari, akar bagian bawah perlu dipangkas untuk pertumbuhan akar yang optimal.


Membuat Akar Nebari Seperti Yang Diinginkan


Nebari membentuk struktur akar di permukaan tanah yang indah. Meskipun ada beberapa spesies pohon sudah memiliki bentuk dasar akar nebari alami, misalnya Ficus seperti Beringin, Loa, dan Bodhi.

Dalam bonsai tradisional, akar nebari dibagi menjadi delapan arah yang dikenal sebagai "happo-bari orhappo-ne". Umumnya digunakan dalam gaya bonsai klasik seperti chokkan dan hodkidachi.

Bonsai Maple Nebari

Akar nebari memang lebih baik diterapkan pada bonsai yang tidak bergaya condong, itu demi keseimbangan. Tetapi, di zaman modrn seperti sekarang ini bonsai bergaya condong seperti cascade dan kengai pun akhirnya ikut membuat struktur akar model lain yang serupa karena struktural dan estetika. Akar pada bonsai bergaya condong dikenal sebagai "imi-ne" atau "akar yang mengerikan". Akar-akar ini berbentuk keriput dan berbentuk rumit saling berhubungan.

Akar Bonsai imi-ne




Membuat Akar Nebari Dari Bibit Bonsai


Untuk membuat akar nebari pada bonsai, kamu perlu me-repot beberapa kali hingga mencapai ukuran yang sempurna. Saat bonsai masih alam pertumbuhan dasar, nebari-nya boleh dipangkas saat direpoting. Sebelum pemangkasan, pastikan bahwa akar bisa tumbuh dan memiliki berjarak teratur dari pangkal batang.

Membuat Akar Nebari

Setelah pemangkasan, segera perbaiki bonsai untuk menjaga keseimbangan bentuknya. Anda dapat mengulangi proses ini sesuai kebutuhan hingga mencapai akar nebari yang diinginkan.



Membuat Akar Nebari Pada Pohon Dewasa


Jika kamu memiliki tanaman yang sudah dewasa dan ingin membuat akarnya menjadi nebari, kamu harus berhati-hati dalam membuatnya. Ada tiga metode yang bisa diunakan untuk membuat nebari pada pohon dewasa, yaitu : pemotongan, layering (pemisahan atau pelapisan), dan okulasi.

Membuat Akar Nebari

Salah satu metode yang paling sederhana adalah dengan memotong bagian yang tidak diinginkan. Setelah memotong area di mana pertumbuhan akar baru diinginkan, tanaman dibiarkan untuk menunggu pertumbuhan akar.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Akar Nebari Pada Pohon Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel