Ciri Ciri Pohon Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia) Di Alam Liar

Jeruk Kingkit

Jeruk Kingkit adalah spesies Triphasia dalam keluarga Rutaceae yang berasal dari Asia Tenggara tropis, tepatnya dari Malaysia dan Filipina. Tanaman yang masih kerabat dekat jeruk nipis ini memiliki nama ilmiah Triphasia trifolia. Di barat, nama jeruk kingkit kurang populer karena di internasional tanaman ini disebut dengan nama sinonimnya, yaitu Limeberry.

Pohon jeruk kingkit sering ditanam untuk diambil buahnya. Buah jeruk kingkit memang bisa dimakan, dan telah secara luas diperkenalkan ke daerah tropis dan subtropis di dunia. Sejumlah daerah di Samudera Pasifik tropis telah menaturalisasi tanaman ini. Jeruk kingkit juga telah dicatat sebagai invasif potensial di beberapa kepulauan Samudra Hindia, dan di sepanjang Pantai Teluk Amerika Serikat dari Florida ke Texas serta di Karibia.



Jeruk kingkit mendapatkan popularitas sebagai tanaman bonsai yang indah. Tak sedikit penggemar dan master bonsai menggunakan jeruk kingkit sebagai tanaman kerdilnya.


Bonsai Jeruk Kingkit


Di wilayah beriklim subtropis (dingin / bersalju), pohon jeruk kingkit harus dipelihara secara ekstra didalam rumah kaca. Berbeda dengan di daerah tropis seperti Indonesia, pohon jeruk kingkit sangat mudah tumbuh dan mungkin menjanjikan sebagai tanaman buah komersial yang potensial.

Triphasia trifolia diperjual belikan di toko-toko tanaman hias maupun toko online. Banyak pedagang yang menjualnya dengan harga bervariatif,tergantung besar kecil ukuran pohon. Namun jika kamu berada ditempat yang banyak ditemukan jeruk kingkit di alam liar, mungkin yang kamu perlukan hanyalah ciri pohon, daun, bunga, dan buahnya saja. Berikut ini ciri ciri pohon jeruk kingkit di alam liar:


1. Daun & Buah Jeruk Kingkit


Daun &  Buah Jeruk Kingkit

Daunnya trifoliate, berwarna hijau gelap dan mengkilap, masing-masing daun memiliki panjang 2-4 cm dan lebar 1,5-2 cm. Buahnya berwarna merah dengan diameter 10-15 mm, mirip dengan buah jeruk nipis. Daging buahnya halus, dengan rasa yang mirip jeruk nipis.



2. Bunga Jeruk Kingkit


Bunga Jeruk Kingkit

Bunganya berwarna putih, dengan tiga kelopak sepanjang 10-13 mm dan lebar 4 mm.


3. Semak / Pohon Jeruk Kingkit


Semak Pohon Jeruk Kingkit

Bentuk pohon jeruk kingkit sendiri adalah semak berduri tumbuh hingga ketinggian maksimal 3 meter.

Nah itulah ciri ciri pohon jeruk ingkit di alam liar. Kamu bisa menyamakan pohon-pohon yang kamu temukan dibelantara liar dengan gambar diatas. Apakah bunga, buah, dan daunnya sama. Jika persis sama, itu berarti 100% pohon jeruk kingkit.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel