Ciri Ciri Pohon Lohansung Di Alam Liar

Lohansung

Lohansung (Podocarpus macrophyllus) adalah tumbuhan konifer dalam genus Podocarpus dalam keluarga Podocarpaceae. Tanaman ini berasal dari Jepang dan Cina. Nama-nama umum dalam bahasa Inggris untuk menyebut pohon lohansung ialah Yew Plum Pine, Buddhist Pine, dan Fern Pine.

Di Jepang, pohon lohansung disebut sebagai Kusamaki dan Inumaki. Sedangkan di Cina, itu dikenal sebagai Luóhàn Sōng atau Arhat Pine.

Ini adalah pohon berukuran kecil hingga sedang, tinggi maksimalnya mencapai 20 meter. Daunnya berbentuk helaian tali dengan panjang 6-12 cm dan lebar sekitar 1 cm. Lohansung memiliki buah berbentuk kerucut yang tumbuh pada batang, dan memiliki 2-4 sisik, biasanya 1 atau 2 lubang, masing-masing lubang pada buah membawa biji apikal tunggal berukuran 10-15 mm. Ketika matang, sisik buah akan mengmbang dan berubah warna menjadi ungu kemerahan.



Pohon lohansung biasanya tumbuh pada area dengan dataran rendah 10 mdpl hingga maksimal 1.000 mdpl di hutan, halan terbuka, dan pinggir jalan.

Lohansung adalah pohon negara dari Prefektur Chiba, Jepang. Kayu dari pohon lohansung memberikan nilai pasar yang sangat tinggi di Hong Kong, juga digunakan untuk pembuatan rumah kayu berkualitas di Prefektur Okinawa, Jepang. Ini adalah pohon populer yang biasa di tanam di taman, khususnya di Jepang dan Amerika Serikat bagian tenggara.

Jika kamu penasaran seperti apa ciri-ciri pohon lohansung di alam liar, berikut ini adalah rinciannya :


1. Daun Lohansung



Daun Lohansung


2. Cone Lohansung



Cone Lohansung


3. Buah Lohansung



Buah Lohansung


4. Pohon Lohansung



Pohon Lohansung


Meskipun pohon lohansung banyak tumbuh di hutan-hutan kering Asia, namun pohon ini tidak meliar di negara kita, Indonesia. Jadi, tidak ada kemungkinan untuk mencari pohon ini di alam liar, terkecuali jika ada orang yang dengan sengaja membuagnya ke hutan atau kebun.



Nah sekarang kamu sudah tahu secara jelas dari foto-foto pohon lohansung diatas kan? Jadi tidak ada alasan untuk tidak kenal dengan spesies pohon yang sering dipakai untuk bonsai ini.


Bonsai Lohansung


Pohon lohansung memang menjadi salah satu pohon yang paling digemari untuk dijadikan tanaman hias dalam pot seperti halnya bonsai. Namun tidak menutup kemungkinan untuk ditanam di halaman rumah sebagai pohon perdu atau penghias pekarangan.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Lohansung Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel