Tips dan Trik SEO 2020 Ampuh Meningkatkan Pengunjung

Tips dan Trik SEO 2020

Dalam beberapa tahun belakangan ini, meningkatkan visitor blog atau webaite tidak semudah dulu. Situs-situs search engine seperti Google, Yahoo, Bing, dan Yandex kini telah berevolusi menjadi alat pencarian mutakhir yang mencondongkan kegunaannya sesuai permintaan pencarian. Dengan kata lain, blog atau website yang sekarang masuk dalam halaman pertama SERP (Search Engine Result Page) menjadi sangat kompeten.

Bagi peselancar internet, tentunya hal ini sangat menguntungkan. Bisa mendapatkan informasi yang sesuai dengan apa yang sedang dicari dalam waktu sangat singkat. Namun untuk blogger tentu keadaan ini menjadi tantangan serius yang mau tidak mau harus dilewati.

Blogger dituntut untuk menulis artikel dengan cermat dan teliti, dalam artian artikel yang ditulis harus sesuai dengan kebijakan batu search engine, yaitu memberikan informasi selengkap dan sejelas mungkin.



Tak sampai disitu, search engine nomor satu di dunia, Google, menerapkan algoritma terbaru yang juga bikin blogger dan webmaster untuk putar otak lagi membongkar struktur kode pada blog atau website agar memiliki kecepatan loading halaman maksimal seperti yang ditulis pada pos resmi Google blog. Halaman dengan kecepatan yang luar biasa, khususnya pada tampilan mobile akan lebih diutamakan, artinya bisa menduduki halaman utama SERP dalam waktu singkat.

Perubahan aturan tak nyata ini benar-benar efektif dan digunakan sebagai salah satu dari sekian banyak algoritma dasar mesin pencarian populer. Tentu, siapapun yang masih ingin bertahan sebagai blogger atau webmaster haruslah mengikuti aturan baru ini agar blog dan website tetap menjadi top SERP.

Karena perubahan besar-besaran yang terus berlanjut, akhirnya saya ikut dan berupaya mematuhi seluruh aturan baru ini. Beberapa Tips dan Trik SEO 2020 yang saya gunakan untuk meningkatkan visitor saya rangkum dibawah ini. Barangkali kamu ingin mengeksplore lebih lanjut dan memaksimalkan kegunaannya, silahkan saja. Berikut Tips dan Trik SEO 2020 :


1. Mengutamanan Kualitas Konten

Kualitas Konten
Konten pada halaman blog ataupun website berisi tentang informasi yang pada umumnya dijabarkan secara jelas dan lengkap, termasuk gambar jika diperlukan. Sebuah konten menjadi poin utama kepopuleran blog dan website, semakin menarik konten untuk dibaca, maka akan semakin suka pengunjung berlama-lama disitu. Yang pada akhirnya pengunjung akan share artikel tersebut ke sosial media, mengingat nama blog, bahkan tak segan untuk menyimpan halaman di bookmark browser mereka.

Teknik menulis konten yang bisa memikat dan memiliki keunikan adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap blogger dan webmaster. Konten jelas, lengkap, informatif, dan mudah dipahami semua umur adalah yang paling relevan untuk saat ini. Sedangkan EYD, paragraf, dan gaya teks adalah pendukung kemudahan baca pengunjung yang juga dibaca oleh bot search engine untuk menentukan score kualitas.




Contoh konten yang unik dan menarik seperti apa?

Konten yang unik dan menarik memiliki ciri-ciri seperti gaya bahasa yang jelas, informasi yang lengkap, dapat memberikan informasi yang berguna bagi pembaca, dan mudah dipahami semua umur.


2. Mempercepat Loading Halaman

Page Speed Insight

Sejak beberapa waktu lalu Google menganjurkan pemilik blog dan website untuk mempercepat loading halaman agar pengunjung dengan koneksi yang buruk bisa mengakses. Kecepatan loading halaman ini diungkapkan langsung di halaman blog pos Google Webmaster Official dalam artikelnya yang berjudul Mobile First Indexing.

Mau tidak mau, blogger dan webmaster di seluruh dunia harus merombak struktur kode pada template dan mengurangi sumberdaya seperti CSS, Javacsript, iFrame, dan kode-kode yang tidak diperlukan agar kecepatan load halaman maksimal. Penggunaan AMP (Accelerated Mobile Pages) dan CDN (Content Delivery Network) kini menjadi patokan bagi sebagian besar blogger dan webmaster yang membangun blog dan website menggunakan self-hosted.

Untuk mengukur seberapa cepat halaman dimuat, Google telah menciptakan alat untuk mendeteksi kecepatan loading halaman yang diberi nama Page Speed Insight kamu bisa mengecek kecepatan loading halaman blog atau website kamu disana.


3. Menggunakan Gambar Terkompresi

TinyPNG

Tak berbeda dengan Cara Optimasi Blog sebelumnya yang pernah saya tulis Janiari 2018 lalu, blog yang menggunakan gambar terkompresi akan memiliki kecepatan loading halaman yang lebih cepat. Sebagai contoh, gambar dengan ukuran 1280 x 720 umumnya memiliki ukuran file lebih dari 500 kB, namun jika dikompres dengan tools online seperti TinyPNG atau semacamnya, ukuran file tersebut akan mengecil 30% - 70% dari ukuran aslinya.

Meski terkompresi hingga maksimal, namun tools online dapat memahami kebutuhan kamu yang artinya gambar kamu akan mereka kompres semaksimal mungkin tanpa merubah dimensi maupun kualitas gambar (tidak akan buram atau pecah-pecah).

Selain dapat membuat loading halaman dan memperkecil ukuran file gambar, mengompres gambar dapat menghemat disk space hosting bagi kamu pengguna web hosting dengan disk space yang terbatas. Hal ini juga terkait dengan kecepatan loading halaman yang dianjurkan google untuk diterapkan pada setiap blog atau website yang ingin menduduki posisi teratas SERP mereka.


4. Membuat Keterkaitan Dengan Video YouTube

Youtube Video

Mengaitkan konten dalam bentuk artikel dengan konten video yang di unggah ke YouTube saat ini menjadi Tips dan Trik SEO Terbaik 2020 yang patut dilakukan. Video dengan ulasan, panduan cara (tutorial), dan berbagai macam lainnya sangat cocok dikaitkan dengan artikel di blog atau website.

Terbukti, situs-situs besar kini sudah menggunakan Tips dan Trik SEO Terbaik 2020 ini dan memasang video yang mereka unggah di YouTube ke salah satu sudut halaman. Tentu saja, view video tersebut akan bertambah drastis apabila pengaturan video disetel Auto-play.




Sekali dayung 2-3 pulau terlampaui, itulah kata-kata yang bisa diungkapkan pada Tips dan Trik SEO Terbaik 2020 ini. Selain mendapatkan view video YouTube, visitor blog pun akan bertambah seiring dengan ketertarikan penonton video untuk meng-klik link blog yang umumnya diterapkan pada deskripsi video.

Beberapa artikel pada blog carauntukmembuat.com pun sudah terkait dengan video di YouTube yang kini mendatangkan pengunjung dari YouTube secara organik. Tentu, ini peluang yang sangat baik dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog, juga tidak melanggar aturan dari Google dan YouTube selagi video yang kita unggah adalah video original.


5. HTML Meta Tag SEO dan Opengraph Menarik

Opengraph

Terakhir adalah HTML Meta Tag SEO dan Opengraph adalah celah dimana kamu bisa menonjolkan sebuah halaman blog atau website ke sosial media menggunakan Judul, Deskripsi, dan Gambar Opengrah pilihan terbaik yang menarik dan membuatnya sedemikian rupa agar siapapun yang melihatnya tertarik ingin mengunjungi.

INFO : HTML Meta Tag dulunya menjadi poin utama keberhasilan SEO, namun saat ini telah tergeser dan digantikan oleh Konten dan Kecepatan Loading Halaman.



Opengraph adalah HTML Tag khusus yang berguna untuk memberikan gambar serta beberapa informasi mengenai gambaran dalam isi halaman. Situs-situs sosial media seperti Facebook, Twitter sudah membuat kode HTML Opengrapoh mereka masing-masing yang bisa kamu pelajari dan terapkan di halaman blog atau website.

Pelajari Facebook Opengraph dan Twitter Opengrah.


Setelah kamu menggunakan semua tips dan trik diatas, blog atau website akan mendatangkan pengunjung unik yang lebih dari biasanya. Cara ini saya coba sendiri pada beberapa blog yang saya kelola termasuk blog ini.

Mendatang, saya akan update artikel ini untuk menambahkan beberapa informasi terkait Tips dan Trik SEO 2020 yang sebelumnya akan saya uji dulu keakuratannya.

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik SEO 2020 Ampuh Meningkatkan Pengunjung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel