Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Aplikasi untuk Membaca File PDF di Android Terbaik

Pernahkan Anda mendengar PDF? PDF adalah Portable Document File, di mana file ini biasanya berisi teks ataupun gambar. Biasanya PDF berbentuk e-book, hasil scan sebuah dokumen secara fisik, atau jenis dokumen lainnya.

Terkait penggunaannya, PDF banyak digunakan di kantor, tempat edukasi, dan tempat-tempat dengan kegiatan yang berhubungan dengan sebuah dokumen. Dulu format file ini hanya bisa dibuka dengan menggunakan komputer. Namun, pada saat ini sendiri dengan adanya kecanggihan teknologi, kamu bisa membuka PDF dengan menggunakan ponsel Android.

Aplikasi untuk Membaca File PDF di Android

Akan tetapi untuk membuka file ini dengan ponsel Android, kamu harus memiliki aplikasi PDF reader yang memang khusus dibuat untuk memudahkanmu membaca file tersebut. Ada beberapa aplikasi PDF reader untuk Android terbaik yang sangat direkomendasikan.

Kelebihan File PDF

Kelebihan File PDF

Sebelum kita membahas aplikasi untuk mebaca file PDF ini, mari kita lihat kelebihan dari file PDF. Kelebihan inilah yang membuat PDF lebih sering digunakan. Berikut ini adalah kelebihan dari file PDF:

1. Lebih aman

File PDF ini sendiri terbilang lebih aman ketimbang file jenis lain. Di mana PDF tidak mudah untuk disalin keseluruhannya. Apalagi kamu juga bisa menambahkan watermark agar file tidak dengan mudah diclaim oleh orang lain.

2. Dokumen tidak berubah

Kelebihan lain dari PDF ini sendiri adalah dapat dipindahkan ke perangkat lain tanpa mengubah format yang ada. Tentu saja ini sangatlah penting, apalagi jika ingin mengirimkan dokumen penting yang harus sama persis dengan yang asli. Menggunakan PDF memungkinkan kamu menerima dan mengirim file tanpa harus takut berubah seperti Microsoft word.

 

Aplikasi PDF reader Android terbaik

Nah, karena kelebihan file PDF yang sudah disebutkan tadi maka sudah pasti menggunakan jenis file ini lebih menguntungkan.

Bagi kamu yang sering kali berkutat dengan urusan dokumen dalam bentuk PDF dan ingin membukanya melalui ponsel android, mungkin dapat menggunakan aplikasi PDF reader terbaik di bawah ini. Berikut ini adalah aplikasinya:

1. Librera

Librera

Aplikasi untuk membaca file PDF di android yang pertama adalah Librera. Aplikasi yang satu ini terbilang sangat ringan untuk PDF reader.

Di mana tentu saja kamu tidak perlu khawatir jika memiliki ponsel dengan spek rendah. Selain PDF, aplikasi ini juga mampu membaca file dokumen dengan format lain, seperti EPUB, MOBI, HTML, ODT, FB2, DJVU, TXT dan lain sebagainya.

Aplikasi Librera ini juga menawarkan fitur lain yaitu adanya dua mode membaca yang bisa kamu pilih yaitu mode day and night. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mudah dan gratis melalui Google Playstore.

2. Foxit Mobile PDF

Foxit Mobile PDF

Aplikasi PDF reader yang satu ini terbilang mudah untuk digunakan. Ukurannya juga kecil sehingga tidak membebani ponsel andoridmu. Selain membaca PDF, aplikasi ini mampu melindungi dokumen yang berisi informasi sensitif.

Foxit Mobile PDF juga bisa terhubung dengan file PDF yang berada di media penyimpanan cloud, seperti Google Drive, DropBox, OneDrive ataupun Foxit Drive. Dengan ukuran yang tidak memakan banyak ruang pada ponsel, aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik. Jadi pastinya aplikasi ini harus kamu coba. Kamu dapat menemukan aplikasi ini di Google PlayStore.

3. FullReader

FullReader

Aplikasi pembaca file PDF lainnya adalah FullReader, aplikasi yang satu ini mempunyai tampilan yang sangat ringan dan juga tidak membuat memori ponsel penuh.

FullReader tidak hanya membaca file PDF saja, ia juga mampu membaca doc, docx, TXT, ePub, rar, zip, 7z dan lain sebagainya. Bahkan aplikasi ini mampu membaca MP3 atau audio sound pada ponsel.

Aplikasi ini juga dapat mengakses file-file yang ada pada Google Drive, OneDrive, dan juga DropBox. Aplikasi ini sendiri sangatlah menarik karena mempunyai fitur untuk menghemat baterei ponsel dengan menggunakan tampilan gelap. Untuk mengunduh aplikasi ini kamu harus mengunjungi websitenya langsung.

4. Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor

Aplikasi yang satu ini tidak hanya dapat membaca file PDF saja, tetapi juga dapat mengedit atau mengubah file tersebut. Kamu juga dapat membubuhkan tanda tangan serta keterangan tambahan pada file PDF yang ada. Xodo PDF Reader ini juga dapat membuka file yang seharusnya dibuka dengan Microsoft office seperti Ms. Excell dan juga Powerpoint.

Baca juga: Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software di PC

Aplikasi dengan ukuran yang tidak begitu berat ini juga mampu mengubah semua file dengan format dari Ms. Office menjadi file PDF. Untuk mengunduh aplikasi ini, kamu bisa cari di Google Playstore atau mengunjungi websitenya langsung.

5. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Aplikasi selanjutnya yang bisa membantumu membaca file PDF adalah Adobe Acrobat Reader. Aplikasi yang satu ini merupakan PDF reader yang paling populer. Adobe Acrobat Reader ini tidak hanya berfungsi sebagai pembaca saja, kamu juga bisa memberikan tambahan keterangan, memasukan tanda tangan, bahkan menambahkan foto.

Baca juga: Cara Manual Install Adobe Flash Player Pada Kali 2017.1

Aplikasi ini juga dapat membantumu menyimpan dokumen ke dalam Cloud Adobe secara gratis, di mana juga bisa kamu sinkronisasi ke DropBox. Tentu saja aplikasi ini akan membantumu untuk lebih mudah mengotak atik file dengan format PDF.

6. WPS Office

WPS Office

Aplikasi terakhir untuk membaca file PDF di android yang terbilang sangat populer yaitu WPS Office. Aplikasinya sangatlah ringan, hanya sekitar 37 MB saja, sehingga tidak akan membuat memori ponselmu menjadi penuh.

Aplikasi yang satu ini mempunyai kelebihan dapat mengconvert PDF ke file Word ataupun sebaliknya. Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu sangat mudah digunakan dan mempunyai fitur lain yang sangat menarik. Bahkan ada merk Smartphone yang membuat aplikasi ini sebagai aplikasi bawaan.

Aplikasi PDF reader ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik dari Google Play, di mana tentu saja sangat direkomendasikan untuk kamu yang memang membutuhkan aplikasi pembaca PDF.

Nah, itu adalah penjelasan singkat tentang kelebihan PDF serta aplikasi yang dapat membantumu membaca file tersebut. Aplikasi yang sudah disebutkan di atas tidak hanya memudahkanmu untuk membaca file PDF saja, tapi juga mengedit bahkan membaca file dengan format selain PDF. Jadi, selamat mencoba.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply