Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Ini Dia Bonsai Termahal Yang Pernah Ada Di Dunia

Bagi Anda para pencinta tanaman pastinya tak asing dengan nama bonsai, teknik penanaman dengan mengecilkan pohon tertentu di dalam pot berukuran kecil dan pendek.

Para pencinta bonsai rela menghabiskan waktu untuk membentuk versi kecil dari sebuah tanaman yang hidup di alam bebas. Tak salah jika upaya mereka akhirnya dihargai dengan nilai tinggi bahkan hingga miliaran rupiah.

Istilah bonsai berasal dari bahasa Jepang yang artinya penanaman dalam pot dangkal, biasa juga disebut penzai. Kenapa ada yang masuk disebut sebagai bonsai termahal? Apa indikator yang menentukan mahalnya suatu bonsai? Hal itu dinilai dari keindahan, bentuk, dan umur dari pohon yang dirawat menjadi kerdil. Bahkan penggila bonsai rela merogoh kocek sangat dalam untuk memiliki sebuah bonsai yang memiliki nilai artistik tinggi.

9 Pohon Bonsai Termahal Ini Memang Sangat Indah

Dari berbagai jenis bonsai yang pernah ada di dunia, sembilan diantaranya masuk dalam kategori paling mahal. Jika Anda melihat sendiri pasti takjub dan menyetujui mengapa tanaman ini bisa memiliki harga fantastis. Berikut ini daftarnya untuk Anda.

1. Bonsai Shunkaen, Jepang

bonsai termahal

Dilihat sekilas tanaman ini memang memiliki nilai artistik tinggi, namanya Shunkaen yang berasal dari daerah Shunkaen Jepang dan pemiliknya adalah Kunio Kobayashi yang merupakan salah satu seniman bonsai terkenal di dunia.

Pohon ini berbentuk kepala jamur berwarna hijau yang bertengger di atas batang berwarna putih, dan menjadi salah satu bonsai tertua di dunia yang berusia mencapai 800 tahun.

Anda mau tahu berapa harga bonsai ini? Tawaran tertinggi yang diterima Kobayashi mencapai Rp1,3 miliar dari beberapa orang penggila bonsai, namun dia tak menjualnya dan menjadikan bonsai indah ini sebagai koleksi di museum bonsai Shunkaen di Tokyo Jepang.

2. Bonsai Goshin, Amerika Serikat

Bonsai Goshin

Bonsai yang satu ini merupakan mahakarya seniman bonsai Jon Y. Naka asal Jepang di tahun 1948. Goshin sendiri memiliki arti pelindung semangat, Anda bisa melihat bahwa bonsai ini berbentuk seperti miniatur dari pohon pinus yang menjulang tinggi dengan beberapa batang melesat ke atas seperti ingin menggapai langit.

Pada bagian bawah dari salah satu bonsai termahal di dunia ini dihiasi dengan rumput halus yang sangat indah, pantas saja banyak yang rela mengeluarkan uang hingga miliaran untuk mendapatkannya.

Naka memberikannya kepada Yayasan Bonsai Amerika dan menjadi salah satu objek ternama pameran National Arboretum di negeri Paman Sam tersebut.

3. Bonsai Beringin, Tiongkok

Bonsai Beringin

Bonsai yang berasal dari pohon beringin yang dikerdilkan dalam pot pendek ini terlihat sangat indah dan katanya bernuansa bagian Selatan Tiongkok. Kesempurnaannya terlihat dari guratan akar yang menyembul dari tanah, ditambah pula rimbunnya dedaunan beringin yang mampu menjadi tempat berlindung.

Yang agak unik adalah keberadaan patung laki-laki tua di bawah pohon tersebut seolah sedang memancing ikan. Konon katanya pohon ini sudah ada sejak kekaisaran Qianlong tahun 1711, dan jika dikalkulasikan harganya saat ini mencapai Rp12 miliar. Beruntung bonsai ini masih bisa dilihat langsung di salah satu desinasi wisata Tiongkok.

4. Bonsai Imperial, Jepang

Bonsai Imperial

Jepang memang menjadi gudangnya bonsai terbaik di dunia, karena ketelatenan para senimannya untuk menghasilkan tanaman kerdil yang indah dan memiliki karakter, serta filosofinya masing-masing. Imperial merupakan salah satu bonsai yang juga terkenal dan juga jadi yang tertinggi di dunia. Kerapian daun, liukan batang menjadi pesona tak terbantahkan dari pohon ini.

Usia pohon ini ditaksir sudah mencapai 450 tahun, pantas saja harga bonsai ini mencapai hingga Rp13 miliar. Jika Anda berkunjung ke Jepang masih bisa menikmati keindahan pohon ini di salah satu pusat pembudidayaan bonsai.

5. Bonsai Pinus Silvestris, Italia

Bonsai Pinus Silvestris

Salah satu seniman bonsai Italia Stefano Frisoni memiliki berbagai koleksi bonsai yang memukau, salah satunya adalah Pinus Silvestris yang ditanam di dalam pot pendek berbentuk persegi empat.

Rimbunnya pinus memberikan suasana tenang dan nyaman, apalagi detil dedaunan yang rapih dan membentuk awan bergelombang, menjadi nilai seni yang sangat tinggi.

Stefano awalnya membeli bonsai ini dalam kondisi berbeda, namun karena jiwa seninya yang tinggi maka dipermaklah menjadi lebih indah sehingga jika diberi nilai maka menjadi salah satu bonsai termahal dengan harga bisa mencapai miliaran rupiah.

6. Bonsai Bird Plum, China

Bonsai Bird Plum China

Kalau biasanya bonsai identik dengan warna hijau, Man Lung mencoba mengkerdilkan bord plum menjadi tanaman bonsai fenomenal.

Hasilnya dengan daun berwarna kuning dan merah muda menjadi perpaduan unik yang indahnya luar biasa, batangnya yang seolah menempel pada tebing menambah nilai seni dari bonsai yang diberi nama a Penjing Landscape ini.

Bonsai yang satu ini memiliki nilai jual yang cukup fantastis yaitu ratusan juta rupiah, Man Lung yang merupakan seniman bonsai dari China membuatnya untuk membuktikan bahwa bonsai bisa dibuat dari tanaman apa saja asalkan memiliki ketekunan dan ketelitian dalam membentuk dan merawatnya hingga menjadi karya bonsai yang sangat dihargai dan dikagumi.

7. Bonsai Tropis, Brasil

Bonsai Tropis

Tingkat kerumitan pembuatannya menjadi nilai tersendiri dari bonsai karya Budi Sulistyo ini. Dia mencoba membuat bonsai unik dari tanaman tropis asli Brasil. Hasilnya terlihat jelas dan pantas saja jika dalam beberapa pameran bonsai, tanaman ini bisa memenangkannya, bahkan dihargai hingga mencapai ratusan juta rupiah.

8. Bonsai Mame, Jerman

Bonsai Mame

Merupakan salah satu jenis bonsai yang sangat populer karena mengkerdilkan pohon berbunga menjadi bonsai yang indah. Morten Albek merupakan salah satu seniman bonsai yang berhasil menciptakan bonsai mame paling terkenal dan sering pula menjuarai berbagai perlombaan bonsai.

Disamping detil dari setiap bagian pohon yang ditonjolkan, keindahan dari bunga mekar menjadi penyempurna yang membuat banyak orang kagum. Jika ditilik dari harga, bonsai ini bisa mencapai nilai ratusan juta rupiah.

9. Bonsai Master Kimura, Jepang

Bonsai Master Kimura

Pencinta bonsai pasti kenal dengan nama Kimura, dia merupakan pebonsai terbaik di dunia yang mulai menggeluti bonsai sejak usia 15 tahun. Pantas saja bonsai ciptaannya mampu menggebrak dunia dengan bentuk unik, kaya akan nilai seni dan tentunya harga yang fantastis. Berbagai jenis tanaman juga sudah dibudidayakannya menjadi bonsai.

 

Bagaimana Cara Menciptakan Bonsai?

Memang butuh ketelitian, kesabaran, dan ketekunan jika ingin menciptakan sebuah pohon bonsai seperti yang dimiliki para seniman bonsai terbaik di atas. Kalau Anda ingin mencobanya bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Pertama adalah memilih pohon yang akan dikerdilkan, pilihlah yang bisa dibentuk dengan baik, dan memiliki umur relatif panjang. Ada baiknya Anda membeli pohon yang sudah menjadi bonsai, sehingga lebih mudah untuk menatanya kembali sesuai dengan keinginan ketimbang memulainya dari awal seperti yang sering dilakukan seniman bonsai.

Kedua, rajinlah merawat dan memenuhi kebutuhan gizi dari bonsai agar pertumbuhannya benar-benar maksimal. Hal ini merupakan langkah mutlak yang harus dilakukan jika ingin pohon bonsai Anda menjadi salah satu yang memiliki keindahan sempurna dan umur yang panjang.

Melihat keindahan berbagai pohon bonsai termahal di dunia mungkin akan menimbulkan keinginan membeli atau membuat sendiri.

Lakukanlah kalau Anda memiliki minat di bidang itu, tapi jangan pikirkan keuntungan, awalilah dengan kepuasan dari hobi yang positif. Ketika menguntungkan anggaplah sebagai bonus yang akan membuat Anda semangat untuk terus menghasilkan bonsai terbaik.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply