Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Cepat Untuk Mematikan Komputer Dengan Keyboard Atau Remote

Cara Cepat Mematikan Komputer

Ketika kamu harus buru-buru menghadap atasan sementara komputer masih menyala, tentu akan memakan waktu jika harus mematikannya dengan cara normal. Padahal sebenarnya banyak cara cepat mematikan komputer yang bisa kamu pilih untuk menghemat waktu, dan dipastikan membuat komputer mati dengan benar. Bagaimana caranya?

Cara Cepat Mematikan Komputer Dengan Keyboard

Cara Cepat Mematikan Komputer Dengan Keyboard

Mematikan komputer usai digunakan memang wajib, terutama untuk menghindari rusaknya berbagai komponen yang ada pada komputer.

Jangan asal mematikan, tapi harus sesuai dengan prosedur shutdown yang telah terprogram. Penggunaan tombol-tombol pada keyboard bisa jadi solusi untuk mematikannya lebih cepat dan tepat.

1. Shortcut Alt+F4x

Kamu bisa menggunakan cara cepat untuk mematikan komputer menggunakan keyboard dengan kombinasi tekan bersamaan tombol Alt dan F4.

Selanjutnya akan muncul box perintah dengan tulisan “what do you want the computer to do?”, Di bawahnya terdapat pilihan menu shutdown, lalu tekan tombol “Ok” untuk memulai proses mematikan komputer.

2. Shortcut Ctrl+Alt+Delete

Hampir sama dengan cara di atas, hanya saja tombol keyboard yang digunakan adalah ctrl, alt, dan delete. Caranya dengan menekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan, kemudian akan muncul pilihan menu shutdown computer. Kamu tinggal pilih shutdown dan komputer akan langsung masuk pada proses off.

Baca juga: Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Sendiri

3. Shortcut Win+X

Mau coba cara mematikan komputer dengan cepat yang lainnya? Bisa dengan menekan tombol Win dan huruf X bersamaan. Akan muncul pilihan menu desktop yang sering kamu gunakan, lalu pilih menu shutdown or sign out.

Pada menu itu akan tampil empat opsi yaitu sign out, sleep, shut down, dan restart, lalu pilihlah shutdown dan komputer akan mati dalam waktu beberapa detik saja.

 

Cara Cepat Mematikan Komputer Dengan Remote

Selain mematikan komputer dengan cepat menggunakan beberapa tombol pada keyboard, kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi remote yang dapat diunduh melalui berbagai platform. Ada remote melalui ponsel, ada juga remote dari komputer lain, bagaimana caranya?

1. Remote Ponsel

Mematikan Komputer Dengan Remote Ponsel

Untuk menggunakannya kamu harus mengunduh aplikasi chrome remote desktop terlebih dahulu pada komputer dan ponsel Android. Kemudian masuk ke program My Computers dan tekan tombol gets started, jangan lupa memastikan pilihan enable remote connection sudah dicentang.

Langkah berikutnya adalah memasukkan PIN sebanyak dua kali sesuai perintah program, lalu tekan tombol ok. Beralih ke ponsel yang juga sudah terunduh aplikasi yang sama, cara cepat mematikan komputer bisa dilanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut dan pilih menu refresh, kemudian aplikasi akan mencari nama komputermu untuk dihubungkan.

Baca juga: Tips Agar Komputer Dan Ponsel Kamu Terhindar Dari Jebakan Hacker

Kalau sudah terkoneksi, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN yang sebelumnya sudah kamu buat pada komputer dan remote sudah bisa berfungsi.

Untuk melakukan shutdown jarak jauh kamu bisa memilih menu shutdown pada komputer menggunakan ponsel. Cara ini sangat gampang dan bisa kamu lakukan di mana saja selama kedua perangkat terhubung.

2. Remote Komputer

Mematikan Komputer Dengan Remote Komputer

Hampir sama dengan cara di atas, mematikan komputer dengan remote juga bisa dilakukan pada satu komputer ke komputer lain. Awali dengan mengunduh aplikasi teamviewer for windows pada kedua perangkat komputer kamu. Lalu buka aplikasi dan lakukan pengaturan dengan mencentang basic installation dan personal/non-commercial use.

Lalu pastikan jaringan internet masih lancar pada komputer induk yang akan meremote komputer lain. Karena kamu akan diminta memasukan ID dan password yang bisa dibuat untuk permanen atau diganti setiap kali aplikasi akan dipakai.

Kemudian pada halaman control remote computer kamu bisa masukkan ID dari komputer yang akan diatur jarak jauh, dan klik connect.

Baca juga: Cara Mengetahui Kapan Komputer / Laptop Dinyalakan dan Dimatikan

Kalau kedua komputer sudah terkoneksi melalui aplikasi tersebut, maka kamu bisa mematikan komputer jarak jauh sesuai cara cepat mematikan komputer yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk bisa maksimal menggunakan aplikasi ini saat dibutuhkan, sebaiknya mengunduhnya sekarang dan lakukan semua tahapan instalasinya dengan tepat.

Dengan menggunakan salah satu dari cara di atas, kamu bisa benar-benar menghemat waktu, apalagi di tengah banyaknya tugas yang harus diselesaikan dan janji temu dengan klien. Jangan takut komputer rusak, sebab cara tersebut sudah sesuai dengan program yang ada, kamu hanya mempersingkatnya dengan cara yang benar. Selamat mencoba.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply