Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Memasang Iklan Di dalam Postingan Blogspot

Cara Memasang Iklan Di dalam Postingan Blogspot

Di jaman yang serba canggih seperti saat ini, mencari tambahan pendapatan dari internet adalah hal yang sangat menguntungkan. Apalagi jika bisa melebarkan bisnis dengan menggunakan internet yang menggiurkan menjadi alasan utama. Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet ini adalah dengan menulis di Blogspot.

Blogspot adalah salah satu platform yang memang akan menjadi sangat menggiurkan apabila dijadikan wadah berbisnis. Biasanya para Bloger akan menggunakan Google AdSense untuk meningkatkan pendapatan. Google AdSense sendiri adalah iklan yang dipasang pada Blogspot, di mana sebagai pemilik Blog, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Untuk bisa memasang iklan ini, kamu perlu mengetahui cara memasangnya yang benar. Pada Blogspot sendiri kitalah yang harus bisa memasang iklan tersebut. Peletakannya pun bisa kamu tentukan sendiri, kamu dapat meletakkannya di bawah judul, di samping kiri atau kanan dan juga di akhir postingan.

Langkah dalam Membuat Unit Iklan Google AdSense

Sebelum kamu memasang iklan dalam postingan Blogspot, kamu perlu tahu cara untuk membuat unit iklan Google AdSense. Tentu saja ini bertujuan agar kamu bisa memasang iklan pada blog yang kamu miliki. Berikut ini adalah langkahnya:

1. Login ke akun Google AdSense

Langkah pertama untuk membuat unit iklan ini adalah dengan login terlebih dulu ke akun kamu. Di mana jika kamu belum memilikinya ada baiknya untuk membuat akun ini. Ketika sudah masuk, maka kamu bisa memilih menu “Iklan” kemudian “Buat Iklan Baru”.

Jika sudah, maka kamu akan diajak untuk memilih jenis iklan yang ingin dibuat, contohnya adalah “Iklan Display”. Lebih jelasnya lihat gambar pada bawah ini. Nomor pada gambar adalah urutan langkahnya.

Membuat Iklan Google AdSense

2. Buat iklan dan dapatkan kode

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah membuat atau mengkustom iklan kamu. Isikan judul iklan yang ingin kamu berikan, di mana perlu diperhatikan untuk membuat judul yang menarik.

Selanjutnya, pilih ukuran dari iklan tersebut, kamu dapat membuatnya sesuai dengan selera. Ada baiknya membuat iklan tidak telalu besar supaya pengunjung dapat dengan nyaman membaca postingan.

Pada bagian ini, kamu bisa memilih “Responsif” untuk mengikuti ukuran yang sudah disarankan ataupun memilih “Tetap” untuk ukuran yang sudah kamu buat. Nah, ketika kamu sudah memilih pilihan ukuran, selanjutnya kamu bisa mengklik “Buat” dan mendapatkan kode iklan yang akan disisipkan pada postingan di blog. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar di bawah ini, yang mana penomoran adalah urutan langkahnya.

Buat Iklan Google AdSense untuk Blogspot

Cara Memasang Iklan di Dalam Postingan Blog

Memasang Iklan Di dalam Postingan Blogspot

Ketika kamu sudah membuat unit iklan Google AdSense dan mendapatkan kodenya, selanjuntnya adalah cara memasang iklan ini pada postingan blog. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk memasang iklan pada postingan di dalam Blogspot, kamu dapat meletakkan pada bagian-bagian tertentu. Semisalnya di atas artikel, di tengah postingan ataupun di akhir. Berikut ini adalah cara untuk memasang iklan pada Blogspot:

1. Memasang iklan di atas artikel

Cara untuk memasang iklan di atas artikel yang pertama tentu saja lebih dulu kamu login ke akun Blogspot. Kemudian, pilih “Templete”, lalu klik “Edit HTML”. Pada bagian “Edit HTML” ini, carilah kode “<data:post.body/>”. Jika sudah ketemu, maka selanjutnya kamu bisa meletakan kode iklan tepat di atas “<data:post.body/>”.

Untuk membuat iklan rata kiri, rata kanan, atau rata tengah ada cara-caranya tersendiri. Untuk rata kiri, kamu bisa menggunakan kode berikut.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<div style=’float:left; margin: 0px 10px 0px 0px’>

Kode Iklan yang sudah diparse

</div></b:if>

Sedangkan untuk rata kanan, kamu bisa menggunakan kode berikut ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<div style=’float:right; margin: 0px 10px 0px 0px’>

Kode Iklan yang sudah diparse

</div></b:if>

Untuk iklan yang diletakan pada atas artikel dengan rata tengah, kamu dapat menggunakan kode ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>
<div style=’text-align:center; margin: 0px 10px 0px 0px’>

Kode Iklan yang sudah diparse

</div></b:if>

2. Memasang iklan di bagian tengah artikel

Untuk memasang iklan di bagian tengah artikel atau postingan Blogspot sendiri, cara awalnya sama. Di mana untuk bagian “<data:post.body/>”, kamu perlu menggantinya dengan menggunakan kode yang ada di bawah ini.

<div expr:id=’&quot;post1&quot; + data:post.id’/>
<div class=’googlepublisherads’ style=’margin:20px 0′>
<center>

Letakan kode unit adsense hasil parse disini

</center>
</div>
<div expr:id=’&quot;post2&quot; + data:post.id’><data:post.body/></div>
<script type=’text/javascript’>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);

var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>

3. Memasang iklan di bawah artikel

Untuk memasang iklan pada bagian bawah artikel sendiri, cara awalnya juga sama dengan kedua cara di atas. Hanya saja pada langkah terakhir, kamu perlu menemukan kode “<data:post.body/>” yang di atasnya terdapat kode “<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>”. Setelah ketemu, kamu bisa pasang kode yang ada di bawah ini.

<b:if cond=’data:blog.pageType == &quot;item&quot;’>

Letakkan Kode Iklan Yang Sudah Diparse

</b:if>

Nah, itu adalah cara memasang iklan di dalam postingan Blogspot, di mana ada catatan yang perlu kamu perhatikan. Ada tulisan merah pada kode, di mana pada bagian itu kode iklan yang sudah didapatkan dari pembuatan iklan di Google Adsense harus diparse terlebih dahulu. Pastikan kamu meletakan kode dengan tepatagar iklan dapat muncul pada postingan di Blogspot milikmu.

 

Artikel Terkait:

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply