Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

9 Cara Membersihkan RAM Laptop Agar Tidak Lemot

Bagi kamu yang masih kuliah ataupun bekerja dengan menggunakan laptop, tentu saja sering kali mendapatkan masalah kinerja laptop yang mulai lemot. Tentu saja masalah laptop lemot ini kerap kali mengganggu terlebih jika sudah harus menyelesaikan pekerjaan dengan tenggang waktu yang sudah ditentukan.

Penyebab utama mengapa laptop sangat lamban ketika digunakan adalah RAM yang terlalu penuh. RAM penuh ini sendiri disebabkan adanya beberapa program yang masih terbuka dan menjadikan laptop sangat lambat.

Untuk mengatasi masalah ini sendiri biasanya kamu perlu membersihkan RAM. Tentu saja ada beberapa cara membersihkan RAM laptop yang dapat kamu lakukan.

Penyebab RAM Pada Laptop Penuh

Penyebab RAM Pada Laptop Penuh

Tentu saja ada beberapa penyebab yang membuat RAM menjadi penuh. Hal inilah yang menjadi masalah utama mengapa laptop sangat lemot. Penyebab yang pertama adalah kapasitas RAM yang digunakan tidak besar.

Sebenarnya untuk pengguna laptop di Indonesia, ukuran RAM laptop 2GB dan 4GB terbilang cukup. Tapi bagi beberapa orang ukuran ini tidaklah cukup.

Selain itu ada penyebab lainnya yang membuat RAM menjadi penuh. Diantaranya penggunaan aplikasi yang berada di luar kemampuan RAM tersebut. Contohnya adalah memainkan game ataupun penggunaan browser yang tidak sesuai dengan kemampuan si RAM. Maka dari itu, tidak perlu memaksakan jika memang laptop memiliki kapasitas yang tidak besar.

Tidak hanya itu saja, RAM juga bisa penuh karena adanya background service yang merupakan aplikasi berjalan yang tidak diketahui oleh kamu.

Disinilah yang menyebabkan RAM akan penuh walau hanya membuka aplikasi kecil saja. Nah, dengan memperhatikan cara membersihkan RAM di laptop mungkin dapat membantu kamu mengatasi masalah kinerja laptop yang lamban.

Cara Membersihkan RAM Laptop yang Mudah

Salah satu cara untuk mengatasi masalah RAM penuh yang menyebabkan laptop lemot adalah dengan cara membersihkannya. Berikut cara membersihkan RAM laptop untuk mengembalikan kinerja RAM yang lamban.

1. Restart Laptop

Cara Membersihkan RAM Laptop Dengan Restart

Cara pertama untuk dapat membersihkan RAM laptop adalah dengan merestart laptopmu. RAM adalah Random Access Memory yang digunakan untuk menyimpan aktivitas laptop secara sementara. Tentu ini akan memudahkan kamu untuk bisa membuka program dengan lebih cepat.

Nah, pada bagian inilah terkadang kita lupa untuk menutup aplikasi yang selesai digunakan,  sehingga membuat RAM menjadi penuh. Jadi, dengan merestart laptop maka background service pun juga akan tertutup dengan otomatis dan membuat RAM memiliki kapasitas lagi.

2. Pembersihan Virus

Pembersihan Virus Laptop

Melakukan scanning virus juga harus dapat kamu lakukan sesering mungkin, agar dapat meringankan kinerja RAM. Mengapa demikian? Virus pada laptop sendiri merupakan sebuah program yang tanpa kamu sadari akan tetap berjalan.

Sehingga jalan satu-satunya untuk membasmi virus ini dengan cara scanning virus. Perlu diperhatikan bagi kamu untuk selalu mengupdate anti virus yang digunakan agar bisa membersihkan virus atau malware yang berbahaya pada laptop.

3. Uninstall Aplikasi yang Tidak Berguna

membersihkan RAM laptop

Cara membersihkan RAM laptop selanjutnya adalah dengan uninstall aplikasi yang tidak dipakai karena aplikasi-aplikasi yang masuk dalam perangkat dan tidak pernah digunakan tetap akan membuat RAM penuh.

Hal ini sendiri dikarenakan aplikasi yang tidak digunakan akan selalu berjalan tanpa kamu sadari, di mana ada kemungkinan bahwa aplikasi yang ada pada laptopmu mengandung malware, sehingga menginstall aplikasi yang tidak perlu sangatlah penting.

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, kamu hanya mencari pada menu Control Panel; kemudian klik uninstall dan pilih aplikasi yang kamu inginkan hentikan.

4. Install Ulang

Install ulang pada laptop

Jika dirasa laptop sudah sangat lambat dan sama sekali tidak berpengaruh jika dibersihkan dengan cara di atas, mungkin kamu memang diminta untuk meng-install ulang laptopmu.

Install ulang pada laptop memang sangat diperlukan untuk membebaskan komputer dari aplikasi yang tidak berguna dan mengkosongkan RAM seperti pertama kali dibeli.

5. Memilih Aplikasi yang Mampu Diterima RAM

Cara Membersihkan RAM Laptop Agar Tidak Lemot

Terkadang kita suka lupa akan kemampuan RAM pada laptop, di mana sering kali mengunduh game yang memiliki kapasitas yang besar tentu saja akan memberatkan kinerja laptop kamu. Segera buang beberapa game atau aplikasi yang ada di laptopmu yang sekiranya memang memakan kapasitas.

Lalu, pilihlah program yang sesuai dengan kapasitas RAM. Jangan terlalu memaksakan karena jika kamu memaksakan memasang aplikasi yang berat maka secara otomatis laptop menjadi lambat.

6. Cegah Program Berjalan Otomatis

Task Manager Laptop

Jika kamu memperhatikan pada saat menyalakan laptop pertama kali, apakah ada program yang berjalan secara otomatis? Jika ada, lebih baik kamu segera menonaktifkan program tersebut, karena ternyata adanya program yang dapat berjalan otomatis ini dapat memenuhi RAM.

Kamu bisa mencari program tersebut di Task Manager lalu ke Startup, setelah itu kamu bisa mematikan sistem aktif otomatis.

7. Kurangi Visual Effect pada Windows

Visual Effect pada Windows

Bagi beberapa versi Windows, khususnya untuk versi Viesta ke atas mempunyai tampilan visual yang sangat keren, di mana ternyata hal ini sebanding dengan penggunaan RAM pada laptop.

Nah, bagi kamu yang tidak mempermasalahan masalah visual pada laptop, dapat menguranginya. Caranya sendiri sangat mudah, yaitu klik kanan pada This PC/Computer, kemudian pilih menu Advenced System Settings lalu klik Setting. Kamu hanya perlu memberikan atau menghilangkan centang untuk visual yang tidak diperlukan.

8. Memakai RAM Cleaner

cara membersihkan RAM laptop 2

RAM cleaner merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk menghapus data yang tidak perlu pada RAM, yang tentu saja dapat mengoptimalkan kerja RAM secara otomatis tanpa perlu kamu cek satu persatu. Untuk cara kerjanya sendiri terbilang sangat simple, di mana RAM cleaner ini sendiri akan menonaktifkan program yang idle atau tidak digunakan dalam waktu tertentu.

Cara kerja yang sederhana menjadikan aplikasi ini rekomendasi bagi kamu yang memang kurang memahami tentang laptop. Jenis dari RAM clener ini sendiri sangatlah banyak, tapi kamu bisa mencari rekomendasinya di beberapa situs yang terpercaya.

9. Menambah Memori RAM

Menambah Memori RAM Laptop

Biasa dikenal sebagai upgrade laptop, di mana cara ini merupakan cara yang bisa kamu tempuh ketika semua cara membersihkan RAM pada laptop di atas masih tidak mempan.

Mungkin memang RAM kamu yang terlalu kecil dengan kebutuhan penggunaan aplikasi yang terlalu besar. Sehingga membutuhkan tambahan RAM agar mampu membuat laptop bisa bekerja dengan baik. Untuk upgrade ini sendiri hanya bisa dilakukan di toko service laptop dan komputer yang terpercaya.

Dengan mengetahui cara membersihkan RAM laptop seperti di atas, tentu saja akan sangat membantu kamu yang memang ingin mengatasi masalah laptop lemot. Perlu diperhatikan, laptop dengan RAM besar juga tidak selalu dapat bekerja dengan optimal jika kamu tidak mengetahui cara membersihkannya.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply