Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Membuat Lem Wallpaper Kuat Dan Tahan Lama

Menggunakan wallpaper sebagai pelapis dinding sering jadi pilihan untuk mempercantik ruangan. Ada yang meminta jasa profesional untuk memasangnya, tapi ada juga yang mencoba melakukannya tanpa bantuan dengan menggunakan lem khusus.

Kalau budget Anda terbatas, maka jangan khawatir. Anda bisa menekan biaya dengan cara memasang wallpaper dan membuat lemnya sendiri.

Pada dasarnya cara membuat lem wallpaper sangatlah mudah. Tapi memang harus menggunakan trik yang tepat agar hasilnya benar-benar kuat dan dapat merekatkan wallpaper secara sempurna pada sisi dinding yang diinginkan.

Cara Membuat Lem Wallpaper Yang Bisa Anda Lakukan Sendiri

Cara Membuat Lem Wallpaper Sendiri

Untuk menghasilkan lem wallpaper yang kuat, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat dan bahan. Tapi jangan khawatir semuanya bisa didapat dengan gampang bahkan sudah tersedia di rumah. Yang terpenting prosesnya dilakukan dengan benar dan dosis semua bahan dicampur dengan tepat. Berikut ini cara membuat lem wallpaper di Rumah.

  • Lem Wallpaper Dari Bahan Rumahan 1

Dengan menggunakan bahan yang tersedia di rumah, Anda bisa membuat lem wallpaper sendiri. Hal ini pastinya akan menghemat biaya daripada harus membeli lem khusus. Ditambah pula lem yang dibuat sendiri akan aman dari zat kimia berbahaya.

  1. Alat Yang Dibutuhkan

Untuk membuat lem ini dibutuhkan panci, cangkir atau gelas, alat pengaduk dan kompor.

  1. Bahan Yang Digunakan

Siapkan tepung terigu sebanyak 1,5 cangkir, kemudian 0,5 cangkir gula putih biasa dan tawas secukupnya.

  1. Cara Membuat

Mulailah dengan mencampur semua bahan ke dalam panci kecuali tawas, lalu aduk menggunakan pengaduk sampai tercampur dengan rata. Kemudian tambahkan secangkir air dingin dan rebus di atas kompor dengan api sedang dan terus aduk. Di panci lain masukkan dua cangkir air dan rebus hingga mendidih.

Ketika air rebusan mendidih, masukkan sedikit demi sedikit ke dalam panci berisi campuran bahan, aduk terus sampai mendidik dan matikan kompor. Setelah itu, masukkan tawas sebanyak satu sendok makan dan aduk sampai larutan lem mengeras. Kemudian simpan di dalam tempat kedap udara seperti toples plastik.

Lem tersebut siap dipakai jika teksturnya sudah benar-benar keras. Untuk menggunakan, ambil secukupnya dan beri air hingga dicapai tingkat kental yang diinginkan.

  • Lem Wallpaper Dari Bahan Rumahan 2

Hampir sama dengan cara pertama namun ada perbedaan pada beberapa bahan dan alat yang digunakan.

  1. Alat Yang Dibutuhkan

Panci jenis double boiler, kompor, panci biasa, dan pengaduk

  1. Bahan Yang Digunakan

Tepung terigu satu cangkir, tawas tiga sendok teh, minyak cengkeh 10 tetes

  1. Cara Pembuatan

Pertama Anda harus mengisi panci dengan air secukupnya, lalu masukkan tepung terigu ke dalam air, dan tambahkan tawas, aduk sampai tercampur dengan rata dan kental.

Setelah itu nyalakan api sedang dan rebus sambil terus diaduk hingga kekentalan seperti pasta. Setelah itu matikan kompor dan dinginkan, terakhir masukkan minyak cengkeh, aduk dan simpan.

Untuk menggunakan lem yang sudah dibuat tersebut Anda bisa mengambil lem yang sudah jadi dan diberi air sesuai kekentalan yang diinginkan.

  • Lem Wallpaper Dari Bahan Rumahan 3

Proses pembuatannya juga hampir sama dengan cara di atas, hanya beberapa bahan saja yang berbeda.

  1. Alat Yang Dibutuhkan

Panci, cangkir, pengaduk, dan kompor

  1. Bahan Yang Digunakan

1/3 cangkir tepung terigu, dua sendok makan gula pasir, ¼ sendok makan minyak kayu manis.

  1. Cara Pembuatan

Masukkan tepung dan gula ke dalam panci kemudian aduk hingga rata dan tambahkan air lalu panaskan di atas kompor menggunakan api kecil. Setelah mendidih dan lem mengental selanjutnya cukup tambahkan minyak kayu manis dan aduk kembali sampai benar-benar merata sempurna. lalu dinginkan dan simpan.

  • Lem Wallpaper Dari Bahan Siap Pakai

Ada banyak jenis lem siap pakai yang dijual di pasaran, seperti wallpack, great wall, methilan dan super metilin yang berbentuk serbuk. Jika Anda ingin yang lebih gampang dan praktis bisa menggunakannya dan membuat lem dengan cara berikut.

  1. Untuk Wallpaper Berbahan Ringan

Bahan wallpaper ringan seperti kertas, plastik dan sejenisnya bisa direkatkan menggunakan lem serbuk kemasan. Cara membuat lem ini yaitu mencampurkan satu bungkus lem 125 gram dan air sebanyak 12 liter dan aduk hingga tercampur rata dan mengental. Jumlah larutan lem ini bisa digunakan untuk penggunaan dinding hingga luas 70 meter persegi.

  1. Untuk Wallpaper Berbahan Standar

Bahan normal seperti serat, tile dan beberapa jenis lainnya bisa dipasang dengan menggunakan campuran lem yaitu 125 gram lem serbuk dan 10 liter air, biasanya cukup untuk merekatkan dinding seluas 55 meter persegi.

  1. Untuk Wallpaper Berbahan Berat

Bahan wol atau beludru membutuhkan lem yang lebih kental dan kuat, makanya dalam cara membuat lem wallpaper ini menggunakan 125 gram lem serbuk yang dicampur dengan 8 liter air. Dinding yang bisa direkatkan seluas 45 meter persegi.

Baca juga: Cara Membuat Dekorasi Rak Botol Wine Dari Papan Kayu

Trik Memasang Wallpaper Dengan Lem Buatan Sendiri

Memasang Wallpaper Dengan Lem Buatan

Ketika Anda sudah memiliki lem yang kuat buatan sendiri, sekarang saatnya untuk memasang wallpaper pada bagian dinding yang diinginkan.

  • Trik pertama adalah membersihkan permukaan dinding yang akan dipasangi wallpaper menggunakan sapu atau pembersih debu,
  • Trik kedua ukur dinding dan sesuaikan dengan ukuran wallpaper, jika kertas dinding harus dipotong maka lakukan pemotongan dengan tepat.
  • Trik ketiga adalah mempersiapkan alat untuk merekatkan lem yang dibuat dengan cara membuat lem wallpaper, bisa menggunakan kuas atau roll cat, mangkuk berisi lem, dan alat untuk memastikan rekatan lem benar-benar sempurna.
  • Trik keempat oleskan lem pada wallpaper dengan rata. Anda bisa melihat dari pinggir dinding untuk memastikan rata atau tidaknya lem. Jangan lupa memastikan semua permukaan dinding sudah benar-benar diolesi lem, untuk bagian pinggir wallpaper beri lem yang lebih kental.
  • Trik kelima adalah mulai menempelkannya sesuai ukuran yang sudah dipastikan sebelumnya, jangan sampai meleset karena akan berdampak pada kerapian wallpaper secara keseluruhan.
  • Trik keenam jika wallpaper harus disambung, maka perhatikan bagian sambungan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan, sebaiknya disambung mengikuti alur motif agar setelah selesai ditempel tidak terlihat adanya penyambungan.
  • Trik ketujuh yaitu melakukan pengecekan kerapian wallpaper setelah dipasang menggunakan lem yang dibuat sendiri. Pastikan tidak ada bagian yang menggembung atau potongan yang tidak rapi.

Sangat gampang mengaplikasikan wallpaper dengan menggunakan lem yang sudah Anda buat. Apalagi jika menggunakan trik perekatan di atas, hasilnya akan benar-benar memuaskan dan awet. Apalagi jika perawatan yang dilakukan benar-benar maksimal. Dinding rumah Anda akan memiliki nuansa beda untuk waktu yang sangat lama.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply