Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Memunculkan IDM di YouTube Chrome dan Mozilla

Sebagai pengguna internet, sudah pasti kita tidak bisa lepas dari penggunaan Youtube. Youtube sendiri adalah satu jenis platform streaming yang paling banyak digunakan. Di mana semua orang dapat melihat berbagai macam video, dari musik hingga berita.

Namun, terkadang kita ingin sekali menonton video tanpa menggunakan jaringan internet dengan cara mendownloadnya. Youtube sendiri mempunyai fitur tonton offline, namun tentu saja ini tidak senyaman menonton dari hasil download.

Cara Memunculkan IDM di YouTube

Salah satu cara untuk mendownload video pada Youtube adalah dengan menggunakan IDM atau Internet Download Manager. Aplikasi yang satu ini memang sangatlah sering digunakan, karena mudah dan juga cepat.

Namun, sering kali ditemukan masalah di mana tombol IDM di Youtube ini menghilang. Lalu bagaimana cara memunculkan IDM di Youtube jika hilang? Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat IDM muncul kembali.

Penyebab tombol IDM di Youtube hilang

Penyebab tombol IDM di Youtube hilang

Tombol IDM di Youtube yang menghilang memang sering terjadi, di mana tentu saja ini menjadi salah satu hal yang sedikit menyebalkan. Terlebih lagi ada video yang ingin benar-benar ditonton. Tapi sebenarnya apa penyebab tombol IDM di Youtube ini bisa menghilang? Penyebab pertama biasanya terjadi karena tidak kompatibelnya antara versi IDM dengan versi browser.

Hal ini bisa terjadi ketika Anda mengupdate salah satu dari browser ataupun IDM. Di mana terkadang versinya tidak bisa sejajar satu sama lain, sehingga tombol IDM di Youtube menghilang. Selain dari kompatibilitas, ada penyebab lain mengapa tombol IDM menghilang. Di mana extension yang ter-disable juga bisa menjadi masalahnya.

Baca juga: Cara Simpan Video YouTube Ke HP

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat memunculkan kembali tombol IDM di Youtube yang sudah pasti berhasil 100%.

Cara Memunculkan IDM di Youtube pada Browser

Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan, dengan catatan Anda sudah mengerti asal muasal penyebab tombol IDM ini tidak muncul pada Youtube. Berikut ini adalah caranya.

Install Ulang IDM Extension pada Google Chrome

Install Ulang IDM Extension pada Google Chrome

Nah, cara pertama yang paling mudah adalah dengan menginstall ulang IDM extension pada browser. Dengan catatan versi IDM yang Anda punya harus update atau menyesuaikan dengan versi dari browser yang Anda gunakan.

Langkah pertama adalah membuka browser Anda, contohnya adalah Google Chrome, lalu carilah menu extension. Menu ini ada di dalam menu tiga titik, lalu klik more tools, lalu extension.

extension chrome

Jika sudah ketemu, kemudian pada bagian IDM Integration Module pilih opsi Remove.

Remove idm

Nah, nanti akan muncul sebuah pop-up dan Anda hanya tinggal mengklik tombol remove.

Remove idm di chrome

Selanjutnya adalah Anda perlu membuka File Explorer. Pertama buka menu This Computer, masuk ke Local Disk (C:) pilihlah Program Files (x86) dan klik folder Internet Download Manager. Jika sudah carilah file dengan nama IDMGCExt.crx, lalu klik dan seret ke bagian Extension yang sudah Anda buka di browser sebelumnya.

folder Internet Download Manager

Setelah Anda seret, maka akan muncul pop-up kembali dan pilihlah Add Extension. Jika sudah melakukan langkah tersebut, maka secara otomatis Anda akan dibawa pada laman baru yang memberikan informasi “Internet Download Manager extension for Google Chrome has been installed”. Apabila sudah, Anda tinggal mencobanya secara langsung dengan membuka Youtube dan melihat apakah tombol IDM sudah muncul apa belum. Jika sudah berarti proses install pun dinyatakan berhasil.

Baca juga: Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan

Install ulang Extension IDM pada Mozilla

Install ulang Extension IDM pada Mozilla

Jika Anda menggunakan Mozilla, cara memunculkan IDM di Youtube dengan install ulang extension berikut ini mungkin bisa membantu Anda. Langkah yang ditempuh pun sangat mudah dan cepat.

Pertama Anda membuka Mozilla Firefox, lalu klik tombol tiga garis pada kanan atas jendela lalu pilih Add-ons. Setelah masuk, lalu buka menu dengan gambar gear, lalu pilih menu dengan tulisan Install add-ons from file kemudian klik.

Add-ons mozilla Install add-ons from file

Setelah itu akan muncul folder, Anda hanya perlu mencari di mana folder IDM tersimpan. Jika sudah ketemu, buka folder dan cari file dengan nama idmmzcc.xpi lalu klik open. Apabila sudah, hal selanjutnya adalah menunggu hingga add-ons terinstall.

folder IDM

Jangan lupa restart Mozilla jika extension IDM sudah terpasang, baru bisa Anda lakukan percobaan untuk mendownload video di Youtube. Anda juga perlu memperhatikan versi dari IDM yang digunakan, apakah cocok dengan versi Mozilla Firefox yang Anda gunakan.

Baca juga: Cara Reupload Video Ke YouTube Tanpa Upload

Install ulang Internet Download Manager

Install ulang Internet Download Manager

Jika Anda sudah melakukan langkah di atas namun masih belum berhasil, kemungkinan memang Anda diminta untuk melakukan install ulang IDM. Nah, perlu diperhatikan ketika ingin melakukan install ulang, Anda harus melakukan uninstall versi IDM yang lama terlebih dahulu dan pilih full uninstall supaya prosesnya tidak gagal.

Langkah pertama setelah versi lama di-uninstall adalah dengan mendownload Internet Download Manager yang baru langsung dari websitenya. Tidak perlu khawatir, IDM ini hanya bemuatan sekitar 10MB saja.

Jika sudah terunduh, Anda hanya perlu membuka file.exe dengan mengkliknya dua kali, maka akan muncul jendela Internet Download Manager Wizard, lalu tinggal klik tombol Next.

install ulang idm

Kemudian Anda akan langsung dibawa pada jendela License Agreement yang bisa Anda baca terlebih dahulu. Jika sudah selesai, centang di kolom “I accept the terms in the license agreement” kemudian klik tombol Next.

install ulang idm di browser

Setelah itu Anda akan diajak memilih folder install atau Anda juga bisa memilih pengaturan penyimpanan default. Jangan lupa untuk memilih Buat shortcut IDM di desktop atau tidak. Jika sudah maka selanjutnya Anda tinggal klik tombol Next.

memunculkan idm youtube

Jika sudah semua langkah dijalankan, Anda hanya perlu menekan tombol Next sekali lagi dan menunggu beberapa saat. Proses install IDM ini biasanya tidak memakan waktu yang lama, karena memang aplikasinya yang ringan.

Apabila sudah terinstall Anda bisa langsung mencobanya. Namun perlu diperhatikan, di mana Anda harus mengaktifkan IDM ini terlebih dahulu agar bisa digunakan. Anda memerlukan serial number yang bisa didapatkan hanya dengan membeli aplikasi IDM secara resmi. Jika sudah, maka Internet Download Manager pun bisa Anda gunakan.

Itu adalah beberapa cara memunculkan IDM di Youtube yang hilang dari browser, di mana perlu Anda perhatikan untuk selalu mengupdate browser maupun IDM.

Jika tombol masih tidak muncul, kemungkinan Anda tidak melakukan pembelian secara resmi atau hanya menggunakan versi trial. Maka pastikan bahwa IDM yang Anda gunakan sudah mempunyai serial number. Yang bisa diperoleh dengan cara membelinya secara langsung di web. Jadi, selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply