Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Menanam Hidroponik yang Mudah Bagi Pemula

Dengan konsep budidaya menggunakan air, hidroponik menjadi salah satu pilihan pembudidayaan tanaman yang memiliki prospek luar biasa. Sebab tanaman yang dihasilkan lebih subur, bebas pestisida dan memiliki nilai jual tinggi. Bagi Anda yang berhasrat untuk melakukannya, harus paham terlebih dahulu cara menanam hidroponik yang benar, supaya hasilnya bisa maksimal.

2 Cara Menanam Hidroponik Yang Benar

Berhubung hidroponik tak menggunakan tanah, maka air merupakan sumber segala nutrisinya. Sehingga butuh air yang diperkaya gizi penting bagi tumbuhan.

Medianya juga mudah dan tak memakan banyak tempat, begitu juga cahaya dan hama, tak membutuhkan banyak proses teknik yang sulit. Anda bisa menggunakan teknik wick untuk memulai dan teknik Nutrient Film Technique (NTF).

1. Teknik Wick

Cara Menanam Hidroponik Yang Benar

Teknik yang satu ini banyak dipraktekkan oleh para pencinta tanaman yang baru memulai hobi hidroponiknya. Karena mudah dilakukan dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan juga, yang paling penting adalah tak membutuhkan biaya yang terlalu mahal.

Alat yang dibutuhkan untuk mempraktekkan cara menanam hidroponik dengan teknik wick ini adalah satu botol bekas Aqua ukuran satu liter, sumbu kompor atau bisa juga kain berbahan flannel, gunting, paku dan palu.

Sedangkan bahannya adalah campuran nutrisi untuk membantu pertumbuhan tanaman, arang sekam dan bibit tanaman. Begini caranya:

  • Awali dengan memotong botol menjadi dua bagian sama besar. Kemudian susun bertingkat dengan meletakkan bagian atas yang memiliki corong di atas dan posisinya dibalikkan.
  • Isi bagian bawah botol dengan cairan nutrisi tanaman, lalu tutup dengan botol bagian atas seperti tadi.
  • Selanjutnya Anda memasukkan sumbu melalui bagian corong agar kedua bagian botol terhubung sempurna.
  • Masukkan media untuk pertumbuhan tanaman yaitu arang sekam pada bagian atas, dan semai bibit tanaman di dalam arang sekam tersebut. dan tanamanpun bisa memulai pertumbuhan hebatnya
  • Jangan lupa untuk mengganti dan menambah cairan nutrisi jika sudah habis, paling tidak tiga hari sekali.
  • Karena proses pertumbuhannya mengandalkan cairan nutrisi, maka Anda harus memastikan larutan tersebut selalu ada, jangan sampai kering. Soal penyiraman tetap dilakukan seperti menanam pada media tanah agar proses pertumbuhannya tidak terganggu. Ini merupakan kunci keberhasilan Anda nantinya.

Baca juga: Cara Menanam Pohon Bonsai Diatas Batu (Bonsai On The Rock)

2. NTF

cara menanam hidroponik teknik NTF

Teknik ini menggunakan air yang dimasukkan dalam tempat khusus seperti pipa agar tanaman bisa bertumbuh. Bisa untuk teknik penanaman rumah tangga bahkan industri.

Karena bisa menanam banyak bibit untuk sekali periode tanam. Alat yang dibutuhkan dalam cara menanam hidroponik teknik NTF adalah pipa yang biasa digunakan untuk saluran air pada perumahan (biasanya berbahan pvc), pompa air, styrofoam, ember, selang air. Bahannya adalah nutrisi tanaman, bibit tanaman.

  • Pertama lubangi pipa dengan diameter yang sama dan jarak yang sama antar lubang sebagai tempat tanaman berkembang biak.
  • Kedua, susun pipa berjejer dari atas hingga bawah dengan jarak yang sama, bisa dibuat penampang khusus sebagai tempat dudukan pipa atau bisa juga digantung menggunakan tali yang kuat.
  • Ketiga buat penghubung ke masing-masing pipa, gunanya adalah untuk mengalirkan nutrisi ke semua pipa.
  • Keempat, isi ember dengan cairan yang sudah mengandung nutrisi, kemudian gunakan pompa air untuk mengalirkannya ke semua pipa melalui saluran penghubung.
  • Kelima masukkan bibit tanaman ke masing-masing lubang, biasanya yang sudah memiliki akar, pastikan akarnya menyentuh cairan nutrisi karena cairan tersebutlah sumber hidupnya.
  • Keenam lakukan perawatan semaksimal mungkin untuk memastikan cairan selalu diterima setiap tanaman dengan baik.
  • Beberapa tanaman yang cocok untuk dibudidayakan dengan cara hidroponik ini adalah sayuran seperti bayam, kangkung, caisim, selada dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Tanam Pohon Buah Renda (Carissa Carandas) Dari Biji

Plus Minus Menggunakan Cara Menanam Hidroponik

Cara Menanam Hidroponik

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa harus menanam dengan cara hidroponik, karena terlihat agak rumit apalagi kalau Anda mencoba teknik NTF. Tapi percayalah banyak plusnya saat memutuskan memulai budidaya dengan hidroponik, walaupun masih ada sedikit minus yang mungkin saja akan Anda temui.

Plus Menanam Dengan Cara Hidroponik

  1. Anda tidak membutuhkan lahan yang besar seperti saat menanam dengan media tanah. Cukup kebun kecil di samping rumah, atau hanya dinding teras sebagai tempat menggantung tanaman ini
  2. Mampu menghemat air hingga 90 persen kalau dibandingkan dengan teknik penanaman lain dengan media tanah.
  3. Membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik tak tergantung pada cuaca dan musim, sehingga Anda bisa bebas memulainya kapan saja dan di mana saja.
  4. Hasil tanaman lebih bersih, sehat dan pastinya tidak mengandung bahan kimia berbahaya
  5. Proses perawatannya lebih mudah kalau dibandingkan dengan budidaya cara lain. Cukup memperhatikan kecukupan nutrisi, tak perlu perawatan lainnya.
  6. Proses panen juga lebih cepat bahkan fakta menyebutkan bahwa panen tumbuhan yang menggunakan cara menanam hidroponik dua kali lebih sering ketimbang tumbuhan yang dibudidayakan dengan cara lain, menguntungkan bukan?

Baca juga: Cara Membuat Lumut Tumbuh Di Dalam Pot Bonsai

Minus Menanam Dengan Cara Hidroponik

Ada beberapa poin negatif yang mungkin akan Anda rasakan, diantaranya adalah :

  1. Untuk NTF biayanya tergolong mahal karena membutuhkan perlengkapan seperti pipa, pompa air dan beberapa alat lainnya.
  2. Jika waktu Anda terbatas, tentu akan berdampak pada tumbuh kembang tanaman tersebut, karena membutuhkan asupan nutrisi secara terus menerus. Alhasil, ketika panen kualitasnya kurang maksimal.

Bagaimana informasi di atas, sangat membantu bukan? apalagi bagi Anda yang memang hobi berkebun dan ingin mengisi waktu luang dengan hal bermanfaat dan bisa menghasilkan uang lebih.

Dengan mempraktekkan cara menanam hidroponik yang benar, maka Anda tinggal menunggu hasil tanaman yang pastinya sangat menguntungkan, dan tentunya sehat untuk dikonsumsi bersama keluarga.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply