Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software di PC

PDF adalah sebuah format dokumen yang sering kita kita jumpai di mana saja, terlebih bagi kamu yang memang sering berkutat dengan dokumen dengan format ini. Jenis file yang satu ini sendiri biasanya digunakan untuk e-book ataupun yang lainnya.

File PDF ini juga mempunyai kelebihan, di mana sangat mudah untuk digunakan dan dapat diisi berbagai macam teks, tabel bahkan gambar.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software

Nah, pasti ada waktu di mana kalian ingin mengubah atau mengconvert PDF ke Word untuk keperluan tertentu, seperti misalnya merubah isi file atau mengubah format menjadi doc atau docx. Untuk mengubah file PDF ke Ms. Word biasanya perlu menggunakan sebuah software.

Akan tetapi ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengconvert file PDF ini ke Word tanpa perlu menggunakan software apapun.

2 Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software di PC atau Laptop

Untuk mengcovert PDF ke Word ini sendiri ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Cara-cara yang ada di bawah ini semua tidak menggunakan software sehingga kamu tidak perlu bingung harus download dan install aplikasi baru. Nah, berikut ini adalah cara mengubah file PDF menjadi Word:

1. Cara online

Mengconvert file PDF ke Word tanpa menggunakan software yang pertama adalah dengan cara online. Ada satu situs terpercaya yang bisa kamu gunakan untuk mengubah file PDF ini menjadi file Ms. Word. Untuk menggunakan cara ini tentu saja hanya membutuhkan jaringan internet.

Website pertama yang bisa kamu gunakan adalah smallpdf.com. Pertama-tama kamu masuk terlebih dahulu ke situs tersebut. Lalu pilih menu PDF Converter, seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Mengconvert PDF ke Word

Jika loading sudah berhenti, pilih tombol Choose File seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 2

Jika sudah, maka akan muncul folder dari komputermu dan kamu pilih file PDF yang ingin di convert ke Word.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 3

Lalu pilih menu to Word, kemudian pilih Convert to Word. Kamu bisa melihat lebih jelas di bawah ini.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 4

Apabila sudah, kamu hanya tinggal menunggu file PDF terconvert ke Word. Biasanya pada proses ini akan memakan waktu tergantung dari jaringan internet yang digunakan. Kamu bisa melihat gambar di bawah ini.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 5

Jika dokumen sudah di convert, maka kamu hanya tinggal mendownload filenya.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 6

2. Menggunakan Microsoft Word

Nah, untuk cara yang kedua ini kamu bisa mengconvert PDF ke Word dengan menggunakan Microsoft Word itu sendiri.

Namun, kamu perlu perhatikan bahwa untuk menggunakan cara ini, Ms. Word yang digunakan harus versi 2013 atau 2016. Untuk versi selain itu, kamu tidak akan dapat menggunakan cara ini.

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Inchi ke Cm di Ms. Word Terlengkap

Pertama – tama buka Ms. Word kamu, lalu pilih menu Open Other Documents. Kemudian kamu pilih file PDF yang ingin kamu convert ke Word, lalu klik tombol open.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 7

Jika sudah maka akan muncul pop-up atau tab baru, di mana kamu hanya perlu menekan tombol Yes.

Cara Mengconvert PDF ke Word Tanpa Software 8

Nah, jika sudah secara otomatis file PDF akan berubah menjadi file Word dan bisa kamu edit langsung.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menconvert file PDF ke Word dengan mudah dan tanpa menggunakan software apapun.

Perlu diingat tidak semua file PDF dapat di edit, karena ada beberapa dokumen tulisan yang ternyata adalah hasil scan. Untuk hasil scan inilah kamu tidak akan bisa melakukan perubahan apapun karena pada dasarnya filer tersebut merupakan gambar.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply