Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Merakit Komputer Gaming Dijamin Ngebut

Merakit atau menyusun komponen komputer satu dengan yang lainnya adalah cara paling lumrah yang dilakukan oleh kebanyakan gamers saat ini. Dengan merakit, tentu saja komputer yang dihasilkan pastinya sesuai dengan kebutuhan.

Cara merakit komputer sebenarnya sangatlah mudah, yang perlu kamu perhatikan adalah komponen inti komponen yang paling berpengaruh, yaitu:

Motherboard (Mobo).
Processor.
Video Graphic Card (VGA).
Memory RAM.
Hard Disk.
Power Supply (PSU).
Casing.
Fan.

Selain komponen diatas, kamu boleh menggunakan apa saja misalnya monitor, keyboard dan mous. Namun komponen-komponen harus sesuai dan kompatibel satu sama lainnya.

Oke kita mulai pembelajaran merakit komputer berdasarkan pengalaman pribadi saya. Pertama-tama, kamu harus mengetahui untuk apa komputer yang ingin dirakit itu digunakan. Misalnya, untuk keperluan kerja kantoran atau untuk khusus untuk gaming. Sebab, spesifikasi komputer akan semakin bagus jika disesuaikan dengan kegunaannya.

Karena judul artikel ini Cara Merakit Komputer Gaming Dijamin Ngebut,  mari kita bahas soal merakit komputer gaming yang mempuni untuk menjalankan game favorit.

1. Persiapan

Seperti yang saya bilang sebelumnya, sebelum mulai untuk memilih komponen, pikirkan untuk apa komputer tersebut dirakit. Jika kamu sudah memikirkannya matang-matang, lanjut ke langkah berikutnya.

2. Membuat Estimasi

Setelah kamu memutuskan untuk membuat komputer rakitan untuk tujuan tertentu (saya anggap komputer gaming) sekarang kamu bisa estimasikan harga komponennya satu per satu sesuai harga pasaran lokal di wilayah kamu tinggal. Biasanya harga komponen komputer akan lebih mahal di kota besar ketimbang di pinggiran kota.

Wajarnya, komputer gaming dirakit dengan estimasi harga 5 juta keatas. Hal ini sangat wajar karena beberapa komponen inti saja bisa lebih dari 5 juta. Untuk mengestimasi komponen yang harus kamu beli dimulai dari Motherboard, kemudian Processor, lalu VGA dan yang terakhir adalah PSU serta Casing dan Fan.

Jangan melihat komponen komputer dari harganya yang mahal atau serinya yang terbaru, tapi lihatlah seberapa tangguh kinerjanya dan ulasan orang lain yang membandingkannya dengan komponen jenis lain.

Saya ambil contoh untuk merakit komputer gaminh yang umum dipakai oleh gamers internasional dengan prosesor sederhana namun tangguh, yaitu Intel Core i5-6400 Skylake.

Kok i5 gan kenapa gak i7?

Nah, disini kadang orang awam seperti saya bingung kenapa ga pakai i7 untuk gaming, padahal i5 lebih jadul dari pada i7. Jawabannya adalah prosesor jenis itu mampu mengimbangi VGA sekelas GeForce GTX yang sekarang menjadi jenis VGA gaming terbaik dan harganya yang bersahabat. Prosesor yang mempuni untuk bersanding dengan VGA sekelas GTX akan menjadi buruan para gamers di seluruh dunia karena akan sangat ngebut jika digunakan untuk bermain game.

Beda dengan i7 yang dibuat untuk tujuan office. Meskipun tergolong canggih, tapi prosesor untuk office akan ngos-ngosan jika disandingkan dengan VGA yang maknyus. Alhasil game yang sedang dimainkan akan terasa lambat, patah-patah bahkan LAG saat ada efek tertentu.

Beberapa contoh spesifikasi dan estimasi harga untuk komputer rakitan gaming sudah saya siapkan dibawah ini dan bisa kamu eksplore lagi agar lebih pas dengan kebutuhan.

 

KOMPONEN SERI / JENIS
Motherboard ASROCK H110M-HDV
Processor Intel Core i5-6400 (Skylake)
VGA GeForce GTX 1050 2GB GDDR5
RAM 16GB DDR4 2x8GB 2400mhz
HDD SSD 120GB
PSU 500 Watt Pure
Casing Armageddon M1X

* Estimasi harga adalah 7~8 juta.

 

KOMPONEN SERI / JENIS
Motherboard GIGABYTE H310M-DS2
Processor Intel Core i5-8400 (Coffelake)
VGA GeForce GTX 1050 Ti 4GB DDR5
RAM 8GB 2x4GB
HDD SSD 120GB
PSU 500 Watt Pure
Casing ST1PLAYER

* Estimasi harga adalah 8~9 juta.

Diatas adalah contoh komputer rakitan sederhana yang mampu menjalankan game favorit seperti Fortnite, PUBG PC, GTA V, dll. Tentunya jika kamu menggunakan komponen yang melebihi spesifikasi diatas akan semakin ngebut dan bisa dipastikan harganya bisa bikin kantong bolong.

3. Beli Komponen Di Toko Resmi

Wajib rasanya untuk membeli komponen komputer di toko fisik (offline) resmi karena akan lebih mudah mengklaim garansi jika ada sesuatu kesalahan di produk. Bukan apa-apa, masalahnya harga komponen untuk komputer gaming cukup mahal, jadi garansi sangat penting.

Beruntung buat kamu yang dinggal di Jabodetabek mungkin akan terbantu karena banyak sekali toko fisik resmi yang menjual komponen komputet seperti di Roxy atau Mangga Dua.

4. Mulai Merakit

Jika seluruh komponen yang kamu perlukan sudah ada, sesi terakhir adalah merakitnya. Jangan lakukan sendirian jika kamu baru pertama kali mulai merakit komputer, karena ada beberapa komponen yang perlu eksta hati-hati untuk memasangnya. Ya benar, prosesor adalah komponen paling inti yang pemasangannya harus pas, jangan sampai kaki-kaki prosesor miring atau bengkok saat ditekan untuk memasang. Sedangkan komponen lain bisa kamu pasang sesuai buku panduan di dalam dus.

Apabila semua sudah terpasang dan siap dinyalakan, jangan langsung tancap kabel power CPU ke stop kontak rumah. Sebaiknya kamu menggunakan Stabilizer atau UPS untuk melindungi komponen dari arus listrik PLN yang tidak stabil.

INFO : Stabilizer atau UPS wajib hukumnya digunakan untuk komputer karena dengan menggunakannya, arus listrik yang masuk ke dalam Power Supply komputer akan stabil dan setiap komponen-komponen akan mendapat asupan listrik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Ketika komputer menyala saat di Power On, berarti kamu berhasil merakit komputer. Tahap terakhir adalah menginstall sistem operasinya. Kamu bisa menggunakan USB Bootable OS atau menggunakan DVD untuk menginstall sistem operasi. Tentu saja menggunakan DVD akan menambah daftar komponen yang harus kamu beli.

Begitulah cara merakit komputer gaming. Artikel ini saya tulis sesuai pengalaman pribadi saya yang juga berguru otodidak di internet dan memberanikan diri untuk merakit komputer sendiri tanpa bantuan teknisi, yang penting masih ada Google untuk mengeluh hehe.

Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT :

One Response

Leave a Reply