Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi Dana

Selama ini transaksi perbankan menjadi prioritas. Baik melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ataupun internet banking. Namun sekarang sudah hadir aplikasi keuangan online yang tidak ribet dan punya segudang manfaat. Salah satunya adalah DANA.

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi Dana

Melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan berbagai jenis transaksi dari mana saja dan kemana saja. Salah satunya adalah transfer uang, bagaimana caranya?

DANA memiliki banyak fitur menarik berkaitan dengan transaksi. Bukan hanya cara transfer uang, tapi juga bisa beli pulsa, bayar berbagai jenis tagihan, bahkan setor langsung melalui sejumlah minimarket. Makanya banyak orang beralih menggunakannya.

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi DANA Tanpa Biaya

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi DANA Tanpa Biaya

Kebutuhan utama dari sebagian banyak orang adalah melakukan pengiriman atau transfer uang. Baik itu untuk urusan rumah tangga, kantor, hingga urusan belanja.

Dengan DANA Anda bisa melakukan dengan sangat mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play atau Apple Store, lalu daftar dengan proses mudah. Berikut ini langkahnya.

  1. Anda bisa membuka aplikasi DANA yang sudah diunduh. Tapi ingat aplikasi ini hanya bisa dipakai jika ponsel menggunakan sistem operasi iOS atau OS saja.
  2. Pada bagian atas terdapat pilihan menu scan, top up, send, dan request. Anda pilih menu send dengan langsung memencetnya pada layar ponsel.
  3. Kemudian Anda diarahkan untuk memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer dengan menekan angka yang terdapat di layar ponsel.
  4. Setelah memasukkan jumlah uang, berikutnya adalah  klik tombol send to yang terletak di bagian paling bawah layar ponsel.
  5. Di halaman berikutnya Anda akan diberikan pilihan contact dan bank account. Maka tugas Anda selanjutnya adalah memilih bank account.
  6. Masukkan nama bank dan nomor rekening tujuan transfer uang. Jika sudah benar datanya maka tekan confirm untuk mengkonfirmasi transaksi yang dilakukan.
  7. Sebelum pengiriman dilakukan, coba cek kembali data yang sudah dimasukkan. Mulai dari nominal uang, bank penerima dan nomor akunnya. Jika benar saatnya menekan tombol send dana.
  8. Jangan lupa di halaman berikutnya Anda klik confirm. Di halaman selanjutnya akan terlihat jumlah transfer, biaya tambahan dan berapa total uang yang ada di rekening DANA Anda, dan transaksipun selesai.
  9. Selanjutnya Anda akan mendapat notifikasi pada menu payment status. Akan ada gambar centang biru dan tulisan payment success. Cara ini sangat mudah dan tanpa biaya bagi Anda para pengguna baru DANA pada 10 transaksi pertama atau promo bebas biaya transfer.

Baca juga: Cara Terbaru Upgrade Akun OVO Club Ke Premier

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi DANA Ke Rekening Lain

Selain layanan gratis biaya transfer, DANA juga memiliki fitur umum untuk melakukan transfer uang ke rekening bank lain. Caranya juga sangat mudah dan dijamin cepat diterima oleh bank tujuan. Biaya transfernya berkisar Rp4.500 atau sesuai dengan standar biaya transfer perbankan, dengan minimal transaksi Rp.50.000.

  1. Anda bisa membuka aplikasi DANA melalui ponsel kesayangan yang berbasi iOS atau Android.
  2. Pilih fitur send yang terdapat pada bagian atas halaman home.
  3. Pilih opsi send to bank account yang tersedia di layar ponsel.
  4. Isi bagian account name dengan nama bank tujuan dan isi account number dengan nomor rekening tujuan. Untuk kolom, Anda bisa mengisi keterangan sesuai kebutuhan sebagai penanda bagi Anda.
  5. Pilih menu new account dan masukkan berapa jumlah dana yang akan dikirim.
  6. Pilih send to untuk memastikan transfer dilakukan menggunakan metode apa, bisa dengan uang yang tersimpan di akun DANA, atau menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  7. Terakhir tekan tombol send, dan uangpun akan segera diterima oleh bank yang dituju. Ingat, pastikan saldo DANA Anda lebih Rp 6.500 dari total uang yang akan ditransfer, karena akan dipotong sebagai biaya transfer.

Baca juga: Cara Beli Aplikasi Dan Game Di Play Store Menggunakan Paypal

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi DANA Untuk Bayar Tagihan

Untuk membayar tagihan Anda juga bisa menggunakan aplikasi DANA. Karena fiturnya mengakomodir pembayaran dari berbagai kebutuhan, misalnya tagihan kartu kredit, tagihan rekening listrik, air hingga pulsa telepon. Cara transfer uang lewat aplikasi tersebut untuk kebutuhan pembayaran tagihan bisa dengan memilih fitur sesuai jenis tagihan yang akan di bayar.

Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman yang mengharuskan Anda mengisi nomor pelanggan atau nomor registrasi tagihan, kemudian masukkan nominal pembayaran yang akan dilakukan.

Jangan lupa untuk memastikan semua data dan nomor benar-benar tepat, karena sekali Anda melakukan proses pengiriman, maka tidak bisa dibatalkan kembali karena sudah tersimpan dalam sistem transaksi.

Langkah terakhir menekan tombol konfirmasi yang menyatakan bahwa Anda memang ingin membayar tagihan tersebut melalui akun DANA.

Dan sebagai bukti kesuksesan transaksi, akan dikirimkan notifikasi berhasil atau tidaknya pembayaran yang dilakukan. Jika tidak berhasil maka Anda bisa melakukan pengecekan kembali data yang sudah dimasukkan, jika benar maka simpan notifikasi sebagai bukti.

Baca juga: Cara Bayar Shopee Dengan OVO

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi DANA Untuk Belanja Online

Cara Transfer Uang Lewat Aplikasi DANA Untuk Belanja Online

Bagi Anda yang suka belanja online saat ini DANA juga mengakomodir cara transfer uang lewat aplikasi DANA untuk membayar tagihan belanja online yang sudah dilakukan.

Tapi pastikan terlebih dahulu aplikasi online yang Anda pilih untuk berbelanja memasukkan DANA dalan salah satu cara pembayarannya. Berikut ini cara membayarnya.

  1. Pastikan total pembayaran belanja online Anda pada halaman toko, kemudian masuk ke halaman pembayaran di toko tersebut.
  2. Pada halaman pembayaran akan terdapat metode pembayaran yang bisa Anda pilih untuk transaksi. Biasanya terdapat pembayaran melalui ATM, kartu kredit atau kartu kredit, dan sejumlah aplikasi transaksi online salah satunya adalah DANA.
  3. Selanjutnya Anda pilih fitur DANA pada halaman pembayaran tersebut, maka Anda akan diarahkan pada halaman verifikasi akun, dan Anda akan mendapatkan kode transaksi melalui SMS atau Whatsapp.
  4. Setelah menerima kode tersebut maka cara transfer uang  untuk belanja online berikutnya adalah masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia di halaman pembayaran online Anda, kemudian tunggu sampai proses verifikasi dan otentikasi selesai.
  5. Jika sukses maka Anda akan menerima notifikasi yang berisi transaksi berhasil. Penolakan transaksi biasanya terjadi jika saldo dalam akun DANA Anda tidak mencukupi untuk membayar belanja online. Jika hal itu terjadi, maka Anda bisa mengisi tambahan saldo terlebih dahulu di akun DANA sebelum melanjutkan transaksi.

Memang sangat mudah melakukan transaksi menggunakan DANA, baik itu cara transfer uang lewat aplikasi DANA hingga belanja online. Bahkan ada yang bilang lebih mumpuni ketimbang perbankan. Tapi pastikan selalu saldo Anda cukup sebelum bertransaksi agar semuanya berjalan lancar.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply