Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Tutup Toko di Shopee Sementara dan Permanen

E-commerce pada saat ini memang menjadi salah satu platform yang sudah dikenal masyarakat secara luas. Selain memudahkan mereka untuk berbelanja, tentu saja adanya platform ini memudahkan masyarakat untuk memulai bisnis online. Salah satu platform e-commerce di Indonesia yang mempunyai banyak pengguna adalah Shopee.

Shopee sendiri pertama kali muncul di Singapura pada tahun 2015 dan didirikan oleh Chris Feng. Hingga saat ini sendiri Shopee sudah tersebar di beberapa negara selain di Indonesia, bahkan hingga Brazil. Tentu saja adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat banyak orang yang membuka akun Shopee.

Nah, bagi kamu yang mempunyai toko di Shopee, tentu saja terkadang ingin meliburkan toko dalam waktu-waktu tertentu. Di mana tentu saja ada hari di mana kamu ingin menikmati waktu liburan. Shopee mempunyai fitur yang mendukung pemilik toko untuk menutup tokonya sementara. Cara tutup toko di Shopee untuk sementara pun terbilang mudah dan cepat.

Tidak hanya itu saja, kamu yang juga ingin menutup toko di Shopee secara permanen pun bisa. Hanya saja dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Karena mau bagaimanapun juga kamu adalah pemiliki toko yang harus bertanggung jawab dengan semua barang dagangan yang kamu jual di Shopee.

Cara Tutup Toko di Shopee Sementara

Cara tutup toko di Shopee Sementara

Untuk kamu yang memang ingin menutup toko di Shopee secara sementara, karena hari libur atau sedang ada keperluan perlu mengetahui cara-caranya dengan benar.

Tentu saja kamu tidak perlu khawatir akan tokomu, karena bagi calon pembeli akan melihat adanya pemberitahuan bahwa toko sedang libur sementara. Di bawah ini adalah cara tutup toko di Shopee ketika sedang ingin libur.

Tutup toko di Shopee menggunakan ponsel

Bagi kamu yang menggunakan ponsel untuk menjalankan toko di Shopee, ada cara untuk menutup toko dengan menggunakan ponselmu. Tentu saja prosesnya sangat mudah dan cepat. Berikut ini adalah caranya :

  • Buka aplikasi Shopee kamu melalui smartphonemu, jangan lupa login ke akun yang kamu miliki.
  • Lalu cari menu “Asisten penjual – Kelola toko saya

cara tutup toko di Shopee 1

  • Nanti kamu akan masuk ke dalam menu selanjutnya, kemudian pilih menu “pengaturan toko” yang mempunyai tanda gear.

cara tutup toko di Shopee 2

  • Langkah terakhir adalah kamu harus memilih “Fitur Toko Libur”. Nah, pada bagian ini kamu harus mengaktifkan tanda toko libur yang mana kamu harus tetap menyelesaikan pesanan yang sudah masuk sebelumnya. Biasanya proses untuk meminta ijin toko libur ini akan memakan waktu sekitar 1 jam.

cara tutup toko di Shopee 3

  • Selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu dan menyelesaikan semua pesanan yang ada. Di mana jika sudah dikonfirmasi, akan ada notifikasi bahwa toko sedang libur sehingga tidak ada yang bisa memesan barang di tokomu.

Tutup toko di Shopee menggunakan komputer atau laptop

Nah, bagi kamu yang ingin menutup sementara toko di Shopee menggunakan komputer atau laptop akan mendapatkan visualisasi yang berbeda.

Baca juga: Tips Belanja Murah Di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, Dll

Namun, cara tutup toko di Shopee menggunakan komputer juga sama cepatnya dengan menggunakan ponsel. Berikut ini adalah caranya:

  • Cara pertama adalah dengan membuka situsnya terlebih dahulu melalui browser yang kamu gunakan. Situsnya adalah https://seller.shopee.co.id lalu jangan lupa untuk login ke dalam akunmu dengan memasukan email, username ataupun nomer telepon serta password lalu klik login.

cara tutup toko di Shopee

  • Selanjutnya kamu klik tanda sembilan kotak di bagian kanan atas, lalu pilih menu “pengaturan toko”.

cara tutup toko di Shopee 5

  • Kemudian kamu hanya tinggal mengaktifkan fitur Toko Libur yang sama dengan di ponsel. Pada bagian ini kamu juga bisa sekalian menghidupkan fitur auto chat yang dapat memberikan informasi kepada pembeli bahwa toko sedang libur sementara serta memberitahukan kapan pembeli bisa melakukan pemesanan barang lagi.

Ketentuan Ketika Menutup Toko di Shopee untuk Sementara

Nah, itu adalah beberapa cara untuk bisa menutup toko di Shopee sementara. Tapi kamu juga perlu tahu beberapa ketentuan ketika mengajukan Toko Libur sementara ini.

Baca juga: Cara Bayar Shopee Dengan OVO

Ketentuan ini sangat penting, terlebih lagi kamu adalah penjual yang harus memberikan pelayanan baik pada pembeli. Berikut ini adalah ketentuannya:

  1. Ketika menutup toko sementara, maka semua barang yang dijual akan berstatus habis.
  2. Kamu tidak bisa menambahkan barang dagangan baru ketika sudah mengajukan fitur toko libur ini.
  3. Secara otomatis pembeli tidak akan bisa melakukan pemesanan barang apapun pada toko kamu.
  4. Untuk pengaktifan toko libur ini perlu waktu selama kurang lebih satu jam, di mana ketika sedang dalam proses kamu tidak bisa melakukan perubahan lagi.
  5. Terakhir hal yang perlu diingat adalah semua pesanan yang sudah masuk sebelum melakukan pengaktifan fitur toko libur harus tetap diselesaikan. Karena ini merupakan tanggung jawabmu sebagai penjual.

Jika memang sudah menyelesaikan waktu liburan yang sudah ditentukan, kamu harus segera membuka tokomu lagi. Caranya untuk membukanya pun sama saja, hanya pada bagian fitur toko libur harus dinonaktifkan.

 

Cara Menutup Akun Toko di Shopee Secara Permanen

Cara Menutup Akun Toko di Shopee permanen

Jika kamu memang sudah tidak ingin berjualan lagi di Shopee, kamu bisa juga menutup toko secara permanen. Hanya saja di sini akun kamu juga akan terhapus secara permanen, sehingga kamu tidak bisa melakukan aktifitas jual beli apapun yang ada. Sebelum menutup tokomu secara permanen ada baiknya kamu memahami syarat dan ketentuannya.

Untuk menutup toko di Shopee secara permanen, kamu harus tetap bertanggung jawab akan barang yang sudah dipesan dengan cara melakukan semua pengiriman barang.

Baca juga: JNT Shopee: Paket Gagal dikirim Sudah melewati jam operasional Drop Point

Selain itu, kamu bisa menutup toko jika memang tokomu mempunyai riwayat yang bersih, dalam artian menutup toko bukan karena alasan menipu. Hanya saja ketika kamu ingin membukan toko lagi di Shopee biasanya akan di tolak karena sudah pernah membuka dan menutup secara permanen.

Nah, berikut ini adalah cara tutup toko di Shopee secara permanen :

  • Login terlebih dahulu terlebih dahulu ke akun Shopee yang kamu punya.
  • Lalu setelah itu, lihat bagian pojok kiri bawah dan pilih menu “Saya

cara tutup toko di Shopee 6

  • Kemudian pilihlah menu “Pengaturan akun

cara tutup toko di Shopee 7

  • Setelah sudah, maka akan muncul beberapa menu lainnya dan carilah menu “Ajukan penghapusan akun

cara tutup toko di Shopee 8

  • Setelahnya kamu akan melihat banyak sekali syarat yang harus kamu pahami. Apabila sudah paham maka selanjutnya adalah kamu kilk tombol “Lanjut”.

cara tutup toko di Shopee

  • Di sini kamu akan melihat bahwa pihak Shopee akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor handphone melalui SMS yang dihubungkan ke akunmu. Jika sudah menerima, selanjutnya kamu hanya memasukan kode yang sudah dikirimkan, lalu klik “Lanjut

cara tutup toko di Shopee 10

  • Selanjutnya akan muncul pop-up yang mengatakan bahwa kamu tidak bisa mengaktifkan kembali akunmu.

cara tutup toko di Shopee 11

  • Berikutnya kamu akan dimintai alasan mengapa ingin menutup akun. Pastikan bahwa kamu memberikan alasan yang jelas dan detail. Jika sudah maka centang kotak kecil yang menyatakan bahwa kamu setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Lalu kirim.

cara tutup toko di Shopee 12

  • Nanti kamu akan menerima notifikasi bahwa akun sudah terhapus selamanya.

cara tutup toko di Shopee 13

Itu adalah beberapa cara tutup toko di Shopee baik secara sementara ataupun permanen. Sebelum melakukan tutup toko, ada baiknya kamu memikirkan semua syarat dan ketentuan yang ada agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ke depannya.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply