Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Ciri Ciri Pohon Asam Kranji (Dialium indum) Di Alam Liar

Daun Asam Kranji

Asam kranji adalah pohon berbuah yang masih anggota keluarga Leguminosae. Pohon asam kranji memiliki buah seukuran anggur dan bisa dimakan. Masyarakat Aceh menyebut pohon ini dengan nama Ceuradieh, sedangkan nama ilmiahnya sendiri adalah Dialium indum. Orang yang awam dengan asam kranji menamainya sebagai buah Asam Manis atau Velvet Tamarind (internasional).

Pohon asam kranji sering dimanfaatkan kayunya yang keras dan padat untuk bahan furnitur maupun bahan kayu bangunan. Karena hal inilah pohon asam kranji banyak ditebang. Sayangnya, sampai saat ini belum ada laporan budidaya atau perbanyakan pohon asam kranji, informasi tentang propagasinya juga sangat terbatas.

Buah asam kranji digunakan sebagai makanan ringan seperti permen di Thailand, dikeringkan, dilapisi gula, dan dibumbui dengan cabai.

Buah asam kranji juga sangat populer di Pantai Gading, Sierra Leone, Ghana, Nigeria dan Senegal. Di Sarawak, Malaysia setidaknya ada dua varietas asam kranji untuk dijual di pasar lokal.

 

Kemasan Buah Asam Kranji

Setiap buah asam kranji biasanya memiliki satu biji keras, pipih, bundar, coklat, dengan lebar 7-8 milimeter dan tebal 3 milimeter. Benihnya agak menyerupai biji semangka.

Saat ini populasi pohon asam kranji semakin sedikit, namun untuk dibudidayakan melalui semai biji, asam kranji cukup mudah. Itu sama halnya dengan menyemai biji asam jawa dan asam londo.

Jika kamu tertarik untuk membudidayakan asam kranji, carilah pohon induknya yang sudah memiliki buah, karena dengan melihat buahnya kamu akan lebih mudah untuk mengenali pohon langka ini. Berikut ciri-ciri pohon asam kranji di alam liar:

 

1. Daun & Buah Muda Asam Kranji

 

Daun & Buah Mudah Asam Kranji

2. Tangkai & Buah Tua Asam Kranji

 

Tangkai & Buah Tua Asam Kranji

3. Buah Asam Kranji

 

Buah Asam Kranji

Pohon yang memiliki habitat di Asia tropis ini memang agak susah untuk ditemui dihutan-hutan liar maupun kaki gunung. Biasanya, pohon asam kranji tumbuh di sabana atau hutan kering yang agak gersang, tak jarang berdampingan dengan pohon Akasia dan Arabika / Klampis Ireng.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan ciri-ciri pohon asam kranji di alam liar?

Selain mencari buah dari pohonnya langsung, kamu yang tidak memiliki waktu untuk blusukan juga bisa membeli buah atau bibit pohonnya di toko-toko online atau di penjual tanaman hias pinggir jalan.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply