Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Ciri Ciri Pohon Gulo Gumantung / Gulgum Di Alam Liar

Buah Gulgum

Gulo Gumantung atau yang akrab dikenal Gulgum adalah tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae. Di internasional, gulgum populer dengan nama Vang vanguer, itu karena saudaranya Vangueria madagascariensis sudah lebih dulu dikenal sebagai Malagasi.

Ada lebih dari 50 spesies Vangueria yang ditersebar di Afrika selatan dan satu spesies di Madagaskar (Vangueria madagascariensis). Habitat terbesar spesies Vangueria berada di Afrika Timur tepatnya di Kenya dan Tanzania beberapa spesies juga ditemukan tumbuh di Afrika Barat.

Peneliti menemukan adanya bakteri endofit pada jaringan mesofil daun tanaman ini. Bakteri diidentifikasi sebagai Burkholderia, yang merupakan genus yang juga ditemukan dalam daun spesies Rubiaceae lainnya. Hipotesisnya adalah bahwa bakteri endofit ini memberikan perlindungan kimiawi terhadap herbivora serangga.

PENTING : Beberapa spesies Vangueria seperti Vangueria latifolia, Vangueria pygmaea, dan Vangueria thamnus memiliki daun yang dapat menyebabkan gousiekte, kardiotoksikosis ruminansia yang ditandai oleh gagal jantung selama 4-8 minggu setelah menelan daun dari tanaman ini.

Tanaman liar asal Afrika ini sangat populer di kalangan penggemar bonsai Indonesia. Meski belum diketahui spesies mana yang paling populer, tapi beberapa sumber memberikan informasi bahwa pohon gulo gumantung yang ada di Indonesia ialah spesies Vangueria spinosa.

Beberapa contoh dari bonsai yang menggunakan pohon gulo gumantung atau gulgum bisa kamu lihat dibawah ini.

 

Bonsai Vangueria spinosa
Bonsai Gulo Gumantung

Pohon gulgum liar ini dapat disulap menjadi tanaman hias kerdil yang indah dan berharga tinggi.

Jika kamu tertarik untuk membuat bonsai dari pohon gulgum dan berencana untuk mencarinya ke hutan atau kebun, dibawah ini saya siapkan gambar ciri ciri pohon gulgum yang bisa kamu lihat. Berikut penampakannya :

 

1. Daun Pohon Gulo Gumantung

 

Daun Gulo Gumantung

2. Batang Pohon Gulo Gumantung

 

Batang Gulo Gumantung

3. Buah Pohon Gulo Gumantung

 

Buah Gulo Gumantung

Setelah mengetahui ciri cirinya, sekarang kamu bisa mencari tanaman ini di hutan atau kebun liar yang memiliki tanah kering. Pohon gulgum sering tumbuh di kebun, hutan, juga sabana yang memiliki tanah kering seperti halnya pohon Arabika / Klampis Ireng.

Kembali carauntukmembuat.com ingatkan, beberapa spesies saudara gulgum memiliki racun pada daun yang bisa menyebabkan gagal jantung pada manusia, jadi jangan sampai termakan ya.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply