Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Ciri Ciri Pohon Wahong Gunung Di Alam Liar

Pohon Wahong Gunung

Pohon wahong gunung (Premna serratifolia) adalah tanaman yang dapat tumbuh di tanah berpasir dan lembab di sepanjang pantai dan hutan bakau. Pohon wahong gunung berbentuk semak dengan ketinggian maksimal 7 meter dan percabangan yang rimbun terkadang berduri.

Di Filipina, khususnya di Pulau Cebu, pohon wahong gunung biasanya ditemukan di daerah hutan basah di Cebu Selatan. Ini biasa disebut “Kulawin” dalam bahasa lokal Cebuano. Tanaman ini sering dijual di pasar lokal terutama daunnya, dan juga digunakan dalam bahan baku pembuatan obat tradisional India terutama sebagai diuretik, lambung, dan obat penurun panas.

Bunga dan buah wahong gunung muncul pada bulan Mei hingga November. Selama musim berbunga, pohon wahong gunung menarik hewan seperti kupu-kupu dan lebah untuk berdatangan.

Habitat asli pohon wahong gunung adalah Afrika Timur, melintasi Samudera Hindia, Asia tropis, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Karena Indonesia juga termasuk dalam Asia tropis, tentu saja pohon wahong gunung ada disini dan bisa ditemukan ditempat-tempat yang sesuai dengan habitatnya. Berikut ini carauntukmembuat.com berikan gambar ciri ciri pohon wahong gunung di alam liar.

 

1. Daun Wahong Gunung

 

Daun Wahong Gunung

2. Bunga Wahong Gunung

 

Bunga Wahong Gunung
Buah Wahong Gunung

3. Pohon Wahong Gunung

 

Semak Wahong Gunung

Entah darimana asal mulanya, penyebutan nama wahong gunung untuk menamai tanaman Premna serratifolia ini. Biarpun membawa embel-embel gunung, tapi habitat aslinya adalah pesisir pantai dan hutan bakau.

Banyak yang bilang penamaan wahong gunung adalah untuk membedakannya dengan wahong laut yang masih saudaranya dan memiliki nama latin Premna nauseose.

Selain memiliki khasiat herbal, pohon wahong gunung juga sering digunakan sebagai tanaman hias bonsai. Beberapa bonsai milik master bonsai Robert Steven pun menggunakan wahong gunung, berikut fot-fotonya :

 

Bonsai Wahong Gunung Robert Steven 1
Bonsai Wahong Gunung Robert Steven 2
Bonsai Wahong Gunung Robert Steven 3

Wahong gunung menjadi salah satu pohon yang cukup populer di dunia bonsai Asia. Selain keunggulan pada usianya yang panjang, liukan dan corak warna batangnya yang berciri khas secara alami, dedaunannya juga bisa mengecil apabila rutin dipangkas.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply