Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Cara Menambahkan Titik-titik Daftar Isi Ms Word Dengan Mudah

Daftar isi adalah salah satu bagian paling penting pada sebuah karya ilmiah ataupun buku, di mana daftar ini diperuntukan untuk membuat pembaca mengetahui isi dan juga pembahasan pada buku tersebut. Dalam menulis ini kita biasa menggunakan Ms. Word sebagai soft document sebelum dicetak dalam bentuk fisik.

Nah, pada bagian pembuatan di Ms. Word inilah banyak sekali orang yang bingung bagaimana cara membuat daftar isi, khususnya pada bagian membuat titik-titik di daftar isi.

Untuk pembuatan titik-titik pada daftar isi di Ms. Word sendiri ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Di mana ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan. Sebelum kita melihat cara membuat daftar isi, mari kita lihat lebih dalam apa itu daftar isi beserta fungsi dan jenisnya.

Pengertian Daftar Isi Beserta Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Daftar Isi

Sebenarnya apa itu daftar isi? Dan bagaimana fungsinya pada sebuah penulisan karya ilmiah ataupun buku? Secara umum daftar isi sendiri adalah urutan judul pada setiap bab dan halamannya yang terdapat pada sebuah buku ataupun karya tulis lainnya. Bisa dikatakan bahwa daftar isi ini adalah sebuah peta bagi para pembaca.

Untuk fungsi daftar isi secara luas sendiri adalah untuk memudahkan pembaca mencari bab atau isi karya tulis yang ingin diketahui tanpa harus mencari satu-persatu. Sebuah karya tulis yang tidak menggunakan daftar isi bisa dikatakan sebagai karya yang tidak lengkap.

Dalam daftar isi terdapat beberapa jenis yang biasanya digunakan secara umum. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Single Level TOC

Daftar Isi Single Level TOC

Jenis daftar isi yang pertama adalah single level TOC atau bisa juga disebut dengan singkat tunggal, di mana daftar isi yang satu ini hanya berisi nama bab atau subjudul pada sebuah karya ilmiah. Kamu dapat melihat contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

2. Subdevided TOC

Daftar Isi Subdevided TOC

Nah, jika kamu merasa bahwa menggunakan single level TOC masih mencakup isi terlalu luas, maka kamu dapat menggunakan daftar isi subdivided TOC. Di mana daftar isi ini sangatlah mendetail, seperti contoh pada gambar di bawah ini.

Cara Menambahkan Titik-titik Pada Daftar Isi di Ms. Word

Jika kamu ingin membuat titik-titik pada daftar isi secara otomatis dan rapi, ada dua cara yang mungkin dapat kamu pilih dan digunakan. Berikut ini adalah caranya:

1. Versi pertama

Untuk cara yang pertama ini bisa kamu gunakan ketika ingin membuat daftar isi dengan menggunakan ruler.

Untuk memunculkan ruler pada Ms. Word sangatlah mudah pertama pilih menu view, lalu pilih menu dengan tulisan ruler dan centang pada kotaknya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

cara menambahkan titik titik daftar isi di ms word 1

Jika sudah lalu klik dua kali pada angka 6 atau angka yang sekiranya menjadi titik terakhir. Kemudian akan muncul pop up “Tabs”. Lalu ubah aligment menjadi Right  dan pada leader klik pilihan nomor dua yang ada gambar titik-titik, lalu klik set. Kemudian tekan “Ok“.

cara menambahkan titik titik daftar isi di ms word 2

Nah, jika sudah maka kamu dapat menuliskan pada document dengan bab judul “Pendahuluan” setelah itu tekan tombol tabs di keyboard, maka dapat dengan mudah titik-titik untuk daftar isi akan muncul secara otomatis.

cara menambahkan titik titik daftar isi di ms word 3

Baca juga: Cara Mengubah Ukuran Inchi ke Cm di Ms. Word Terlengkap

2. Versi kedua

Untuk versi kedua ini sendiri sebenarnya sama saja dengan yang pertama, hanya saja berbeda dari langkah-langkah yang harus dijalankan. Versi kedua adalah dengan memblok semua subjudul yang sudah ditulis untuk dijadikan daftar isi, kemudian klik kanan lalu pilih menu Paragraph. Anda dapat melihatnya pada contoh.

cara menambahkan titik titik daftar isi di ms word 4

cara menambahkan titik titik daftar isi di ms word 5

Baca juga: Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Masuk

Jika sudah maka, kamu tinggal mengklik menu Tabs yang ada pada pojok kiri bawah. Lalu setting pada Pop up dengan mengatur Tabs  Stop Posisition sesuai ruler pada bagian atas halaman word. Setelah itu, pilih nomornya jika bisa jangan terlalu mepet, seperti gambar di bawah ini.

Jika sudah maka pada bagian Alignment,  kamu klik Right dan pada Leader klik nomor 2. Apabila sudah, maka selanjutnya kamu klik Set, tunggu beberapa saat lalu tekan tombol OK. Seperti gambar yang ada di bawah ini.

cara menambahkan titik titik daftar isi di ms word 6

Setelah itu, kamu dapat meletakan kursor pada bagian yang ingin kamu berikan titik-titik daftar isi lalu tekan Tab pada keyboard. Maka hasilnya akan muncul titik-titik secara otomatis, di mana kamu hanya perlu untuk memberikan penomoran.

Nah, itu dia dua cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menciptakan titik-titik di daftar isi secara otomatis dan juga mudah, di mana tentu saja hal ini bertujuan agar karya tulis sesuai dengan standart yang ada serta rapi. Jadi, selamat mencoba.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply