Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Inspiratif! Ide Luar Biasa Mr. Yoshimura Membuat Pot Bonsai Landscape

Mr. Yoshimura

Karena akhir-akhir ini blog carauntukmembuat.com sering membahas bonsai dan yang berkaitan dengannya, jadi saya sendiri pun ikut terjun ke hobi ini dan blusukan agar mendapatkan informasi yang akurat, juga bisa saya bagikan ke pembaca blog acakadul ini.

Beberapa waktu yang lalu saat saya berselancar di internet, tak sengaja masuk ke forum jadul yang membahas tentang bonsai. IBC (Internet Bonsai Club) adalah forum yang didirikan lebih dari 7 tahun lalu dan disana banyak sekali informasi yang saya peroleh dari narasumber langsung. Kamu juga bisa mengunjungi forumnya disini.

Informasi yang saya peroleh kali ini adalah ide pembuatan pot bonsai ala master bonsai terkenal, Mr. Yoshimura. Beliau mengajarkan muridnya, Arthur Joura, untuk membuat pot dan melakukan penanaman pohon di atas pot buatannya. Menurut Arthur, ide ini sebelumnya tidak pernah terpikirkan olehnya, bahkan ia sempat melarang ide sang guru besar, tapi hanya bisa diucapkan dalam hati.

Pengungkapan Arthur di dalam postingan forum IBC sangat lengkap dan cukup jelas menurut saya. Ia juga tak segan berbagi gambar-gambarnya saat proses pembuatan pot bersama Mr. Yoshimura.

Mr. Yoshimura membuat pot bonsai landscape yang luar biasa menggunakan selembar papan kayu. Sebelumnya belum ada seniman bonsai yang menciptakan ide ini selain beliau.

Dalam postingan Arthur di forum IBC menunjukkan tahun postingannya 2013, namun ia menjelaskan bahwa praktik pertamanya bersama Mr. Yoshimura itu dilakukan pada tahun 1995. Itu berarti 23 tahun lalu ide kreatif Mr. Yoshimura ini pertama kali dilakukan.

Seperti apa penampakan bonsai landscape yang menggunakan pot dari selembar papan kayu? Berikut ini penampakannya :

 

Bonsai Mr. Yoshimura

Bagaimana pendapatmu mengenai ide brilian Mr. Yoshimura ini? Apakah mengesankan? Atau… kamu ingin menirunya?

Jika kamu ingin menirunya, murid sang master bonsai telah menjabarkan dengan jelas step by step pembuatannya. Hanya saja kamu memerlukan beberapa alat pertukangan agar dapat menghasilkan bentuk yang sempurna.

PERSIAPAN :
• Papan kayu laut
• BPK (Bahan Pengawet Kayu)
• Pematik / penyemprot api
• Bor kayu & mata bor penghalus
• Pemotong kayu / gergaji
• Pensil / bolpoin / spidol

Nah berikut ini cara membuat pot bonsai landscape ala Mr. Yoshimura :

1. Buat gambar pola pada lempengan papan kayu sesuai ide kamu sendiri.

2. Potong papan kayu sesuai dengan gambar.

 

Potongan Papan Kayu

3. Semprotkan tepi-tepi papan kayu dengan api dari pematik api agar warna kayu lebih menarik dan buatlah lubang drainase.

 

Panaskan Papan Kayu
Buat Lubang Drainase

4. Berikan BPK pada kayu agar tahan lama.

INFO : Menurut Arthur, Mr. Yoshimura menggunakan pengawet kayu berbasis logam. Wajarnya, itu bisa bertahan selama 10 tahun. Arthur kembali mengucapkan, bonsai miliknya American Hornbeam (Carpinus caroliniana) yang diberi oleh Mr. Yoshimura menggunakan pot kayu yang sudah berusia 18 tahun, tapi belum rusak. Hanya sedikit tepi-tepinya yang mulai mengeropos karena usia.

5. Terakhir adalah menanam atau memindahkan pohon bonsai kamu keatas papan kayu tersebut.

 

Tanam / Pindah Pohon
Hasil Pot Papan Kayu

PENTING : Sebelum menanam atau memindahkan pohon-pohon kamu keatas pot kayu tersebut, pastikan BPK sudah mengering dan tidak berbau. Jika perlu, cuci dan jemur beberapa kali untuk menghindari kimianya terserap oleh akar pohon.

Begitulah cara membuat pot bonsai kreatif ala Mr. Yoshimura.

Tampaknya ini lebih mudah daripada membuat pot bonsai dari semen, akan tetapi jika kamu kurang kreatifitas dan ide, mungkin hasilnya tidak sesempurna harapan. Kunci utama pembuatan pot bonsai landscape ini adalah jenis kayu yang digunakan dan ide pemotongan bentuknya.

Tertarik untuk membuatnya?

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply