Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Mengenal Berbagai Jenis Folding Door Berdasarkan Bahannya

Pintu yang kita kenal sekarang ini telah mengalami perkembangan yang sangat banyak dari waktu ke waktu. Ada banyak sekali jenis pintu yang harus kamu tahu. Salah satunya adalah pintu lipat atau yang sering disebut sebagai folding door.

Mungkin kalian pernah melihat jenis pintu lipat ini pada rumah-rumah tradisional yang ada di Jawa atau berbagai daerah lain di Indoensia. Dan memang benar, adanya pintu lipat ini terinspirasi dari jenis pintu tradisional yang dahulu sering digunakan oleh nenek moyang.

Jenis Folding Door

Ada berbagai jenis pintu lipat yang sering dibuat oleh industri mebel. Berbagai jenis pintu tersebut dibedakan oleh bahan pembuatnya. Untuk bisa mengetahui lebih dalam terkait pintu lipat, baca ulasannya di bawah, yuk!

Berbagai Macam Foolding Door Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Pintu lipat ada berbagai macam, contohnya adalah yang terbuat dari kayu, besi, hingga kaca. Berikut ini berbagai jenis folding door berdasarkan bahan pembuatnya.

1. Pintu lipat kayu

Pintu lipat kayu

Kayu menjadi salah satu bahan paling tua yang digunakan untuk membuat pintu lipat. Jenis bahan kayu memang cukup digemari bagi para pecinta pintu lipat. Bahan yang satu ini juga tergolong yang cukup eksklusif bahkan memiliki harga yang cenderung lebih tinggi.

Memang ada berbagai tipe kayu yang digunakan untuk membuat pintu lipat. Anda sebagai pembeli juga bisa memilih. Namun karena sekarang ini kayu semakin langka, terlebih yang memiliki kualitas tinggi, maka wajar saja jika harganya cenderung tinggi.

2. Pintu lipat besi

Pintu lipat besi

Jenis bahan pembuatan pintu yang satu ini juga banyak digunakan hingga sekarang. Bahkan pintu lipat lebih identik dengan bahan besi daripada bahan lainnya. Keunggulan dari bahan pembuatan pintu lipat dari besi adalah harganya yang cukup terjangkau. Selain itu, pintu lipat besi tidak memerlukan perawatan yang ekstra. Cukup hindarkan dari cairan-cairan yang mampu membuatnya berkarat.

3. Pintu lipat PVC

Pintu lipat PVC

Selain besi, ada juga bahan pembuatan folding door lain yang juga sering dipakai oleh perusahaan, salah satunya adalah PVC. Pintu lipat yang satu ini berbahan polyvinyl, yang lebih awet dan tahan karat. Bahan ini dikenal ringan dan mudah diberi pewarnaan. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh bahan PVC daripada besi biasa menyebabkan pintu lipat dari bahan ini memiliki harga yang lebih tinggi.

4. Pintu lipat kaca

Pintu lipat kaca

Jenis pintu yang satu ini terbuat dari kaca dengan pinggiran berupa alumunium. Jika dilihat dari luar, maka pintu lipat ini bisa terlihat begitu transparan. Selain itu, pintu ini juga terlihat lebih elegan sehingga banyak dicari oleh orang. Pada dasarnya, harga folding door ini setara atau lebih tinggi sedikit dari pintu lipat PVC. Hanya saja, bagi kalian yang ingin tampilan lebih mewah untuk pintu rumah atau ruangan, maka pintu lipat kaca inilah yang paling disarankan.

Menggunakan pintu lipat di dalam rumah memang memiliki keuntungan. Berbagai keuntunga tersebut yaitu pintu jenis ini tidak terlalu banyak menghabiskan tempat. Selain itu, pengoperasiannya juga cukup mudah. Tidak seperti pintu biasa yang harus diseret ke sisi lain untuk bisa membuka, pintu lipat tinggi didorong dan dilipat saja. Dengan cara penggunaan yang praktis serta bahan pembuat yang awet, pintu lipat sangat direkomendasikan kepada anda semua.

Nah itulah sekilas informasi mengenai jenis pintu lipat berdasarkan bahan pembuatnya. Semoga berbagai hal tersebut dapat membantu anda dalam memilih pintu.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply