Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Obat Alami untuk Jerawat Paling Ampuh dan Aman

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang terkadang sangatlah mengganggu, apalagi jika jumlahnya banyak tentu saja dapat menurunkan rasa kepercayaan diri. Jerawat sendiri disebabkan oleh beberapa hal.

Mengatasi jerawat sebenarnya cukup mudah, di mana ada baiknya Anda menggunakan obat alami yang tentu saja aman untuk kulit.

Obat alami jerawat sendiri sangatlah mudah didapatkan dan juga mudah untuk dibuat sendiri karena yang terpenting adalah mengetahui jenis bahan apa saja yang bisa dijadikan obat alami untuk jerawat.

Di bawah ini akan diberikan beberapa ulasan singkat obat alami untuk jerawat yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Penyebab Jerawat yang Muncul di Wajah

Penyebab Jerawat

Jerawat yang muncul pada wajah disebabkan oleh beberapa hal, di mana ada baiknya kita mengetahui lebih dalam. Berikut ini adalah berbagai penyebab munculnya jerawat pada wajah:

1. Minyak berlebih

Wajah biasanya akan memproduksi sebum atau biasa kita kenal sebagai minyak pada wajah. Sebum ini sendiri berfungsi untuk mencegah wajah agar tidak terlalu kering. Produksi sebum berlebih ternyata dapat menyebabkan wajah berjerawat.

2. Tersumbatnya pori-pori pada wajah

Penyebab selanjutnya dari jerawat ini adalah tersumbatnya pori-pori pada wajah oleh kotoran dan sebum. Pori-pori yang tersumbat ini akan menimbulkan komedo hitam atau putih yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah.

3. Bakteri

Ada satu bakteri yang memang menjadi penyebab utama dari jerawat yaitu Propionibacterium acnes, di mana bakteri ini akan menyebabkan peradangan pada jaringan kulit dan menimbulkan jerawat.

4. Hormon

Aktivitas hormon yang berlebih juga menjadi salah satu penyebab jerawat yang sering kali timbul di wajah. Contoh yang paling sering terlihat adalah pada wanita yang sedang masuk masa menstruasi, di mana hormon yang ada dalam tubuh menjadi meningkat drastis dan mendorong jerawat muncul.

Obat Alami Jerawat dan Cara Membuatnya

Untuk mengobati jerawat ini sangat disarankan untuk menggunakan obat-obatan yang terbuat dari bahan alami. Mengapa demikian? Kulit wajah adalah salah satu bagian dari tubuh yang sangat sensitive, di mana jika terlalu banyak terkena berbagai macam bahan kimia maka dapat merusak kulit bahkan kesehatan dalam tubuh.

Maka dari pada itu, tidak ada salahnya Anda menggunakan obat alami jerawat yang dibuat sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis obat untuk jerawat yang terbuat dari bahan alami dan cara membuatnya:

1. Teh hijau

Obat Alami Jerawat dari Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu obat alami untuk jerawat yang ternyata sangat ampuh, di mana teh yang satu ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Kandungan tersebut berfungsi untuk melawan radang dan mengurangi produksi sebum yang berlebih.

Untuk menggunakan teh hijau ini sendiri sangatlah mudah. Caranya adalah dengan menyeduh kantong teh hijau selama 3 hingga 4 menit dengan menggunakan air yang mendidih, setelah itu tunggu hingga dingin.

Jika sudah dingin, Anda dapat mencelupkan kapas kedalam teh hijau dan oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan cara memasukan air seduhan teh hijau ke dalam botol semprot.

Lalu semprotkan pada wajah secara merata tunggu 10 menit atau diamkan selama semalaman dan bilas wajah hingga bersih. Anda bisa melakukan cara ini 1 – 2 kali dalam seminggu, di mana teh hijau dapat Anda simpan di dalam kulkas hingga 2 minggu.

2. Madu

Obat Jerawat Dari Madu

Madu memang dikenal sebagai salah satu bahan yang dikenal sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah sebagai obat alami jerawat.

Madu mempunyai kandungan zat enim antimikroba yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan juga mampu mengurangi infeksi pada kulit.

Tidak hanya itu saja, madu juga mempunyai zat antiinflamasi yang dapat mengobati peradangan dan nyeri akibat jerawat. Madu juga dapat melembabkan kulit sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering.

Jenis madu yang paling bagus untuk mengobati jerawat sendiri adalah madu manuka.

Untuk menggunakan madu sebagai obat jerawat sangatlah mudah, yaitu dengan mengoleskan madu pada bagian wajah yang berjerawat. Lalu tunggu hingga mongering kira-kira 10 – 15 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini pada pagi hari dan malam hari.

3. Minyak kelapa

Obat Alami Jerawat dari Minyak kelapa

Obat jerawat yang alami selanjutnya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memang sering kali dijadikan bahan utama untuk mengatasi masalah kulit. Di mana minyak ini juga mampu merawat kulit agar selalu tetap sehat.

Minyak kelapa mengandung zat anti radang dan antibakteri, di mana mampu melawan bakteri yang menyebabkan jerawat serta mengurangi bengkak dan rasa sakit yang ditimbulkan oleh peradangan pada kulit yang berjerawat.

Tidak hanya itu saja, minyak kelapa juga mampu mempercepat penyembuhan pada kulit yang terluka karena jerawat.

Cara untuk menggunakan minyak kelapa ini sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini secukupnya pada area wajah yang berjerawat. Jangan lupa membersihkan wajah sebelum menggunakan minyak kelapa.

4. Lidah buaya

Obat Alami Liday Buaya

Lidah buaya dipercaya sebagai salah satu obat alami jerawat, di mana gel yang ada pada tanaman ini mempunyai kandungan yang mampu mengurangi peradangan pada kulit, mempercepat penyembuhan luka pada jerawat dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Dalam gel lidah buaya terdapat beberapa zat seperti fenol, sulfur, asam salisilat dan lain sebagainya yang akan bergabung menjadi satu dan melawan bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat untuk jerawat, Anda hanya perlu memisahkan daging buaya dengan kulitnya.

Lalu oleskan secara langsung pada area wajah yang berjerawat, di mana tentu Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Lalu tunggu hingga kering dan bilas menggunakan air hangat.

Cara Mencegah Jerawat Muncul Pada Wajah

Cara Mencegah Jerawat

Setelah mengenal beberapa obat alami jerawat tentu saja Anda harus dapat mengetahui juga cara mencegah kondisi ini muncul lagi. Melakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul adalah salah satu hal yang sangat bagus sekali, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Mencegah jerawat sendiri sangat mudah, Anda dapat lakukan dengan memerhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan kebiasaan dalam kehidupan Anda.

Cara mencegah munculnya jerawat yang pertama adalah dengan tidak memegang jerawat pada wajah atau memencetnya. Seperti kita ketahui, bahwa jerawat disebabkan oleh kotoran dan minyak pada wajah atau juga karena bakteri.

Sebab menyentuh jerawat dapat menyebabkan jerawat semakin bertambah karena kita tidak menyadari bahwa tangan masih kotor. Apalagi memencet jerawat dapat membuat infeksi pada kulit semakin lebar.

Cara selanjutnya adalah dengan minum air putih yang cukup. Mencegah dehidrasi pada tubuh ternyata mampu membantu regenerasi pada kulit lebih cepat, di mana hal ini mampu mengontrol produksi sebum pada kulit wajah.

Dengan minum air putih yang cukup, maka kulit wajah akan selalu lembab dan juga kenyal serta terhindar dari jerawat. Lalu, sebisa mungkin hindari stress, karena stress dapat meningkatkan hormon dalam tubuh yang sering kali menjadi penyebab munculnya jerawat.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply