Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

Tips Membeli Lantai Vinyl Murah

Tips Membeli Lantai Vinyl Murah

Sebagai tempat berpijak setiap harinya, peran lantai sangatlah penting bagi sebuah bangunan. Oleh karena itu, dalam memilih material lantai dibutuhkan kehati-hatian dan pertimbangan yang matang. Pemilihan lantai yang tepat bisa menciptakan suasana ruangan yang hangat dan nyaman. Salah satu jenis material lantai yang cukup digemari akhir-akhir ini adalah lantai vinyl.

Vinyl terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang telah ditambah pigmentasi warna dan juga lapisan anti gores. Lantai vinyl biasanya terdiri dari tiga lapisan yaitu compact layer, glass fiber dan printing layer. Lapisan paling luar atau disebut juga UV Coated Wear Layer berfungsi untuk memberikan kesan licin dan menambah kilau lantai. Dengan begitu maka lantai bangunan tidak hanya lebih nyaman untuk dipijak, tetapi juga menarik untuk dilihat.

Lantai vinyl terbagi menjadi tiga jenis yaitu vinyl plank, vinyl tile dan juga vinyl roll. Perbedaan utama dari tiga jenis vinyl ini adalah bentuknya. Vinyl plank berbentuk persegi panjang, vinyl tile berbentuk persegi dan vinyl roll dijual dalam bentuk gulungan besar seperti karpet.

Walaupun tidak banyak perbedaan mencolok pada tiga jenis lantai ini, tetapi akan lebih baik jika Anda membelinya sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, Anda bisa pelajari terlebih dahulu tips membeli lantai vinyl murah agar tidak menyesal dikemudian hari.

4 Tips Beli Lantai Vinyl Murah yang Perlu Diperhatikan

Beli Lantai Vinyl Murah

Bagi Anda yang ingin mengubah suasana baru pada ruangan, mungkin kini saatnya menggunakan lantai vinyl. Tidak seperti material lantai lainnya yang sulit untuk dipasang, untuk mengaplikasikan lantai vinyl cukuplah mudah.

Selain itu, lantai vinyl bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, tentu saja sebelum membeli Anda harus memerhatikan beberapa tips membeli lantai vinyl murah berikut ini:

1. Ketebalan

Secara umum, lantai vinyl memiliki ketebalan 2 mm. Akan tetapi, ada juga jenis vinyl lain yang memiliki ketebalan kurang atau bahkan lebih dari 2 mm.

Tebal vinyl ini disesuaikan sesuai dengan jenis lantai. Di antara tiga jenis ini, biasanya lantai vinyl roll memiliki ketebalan yang paling tipis yaitu sekitar 1,2 – 1,8 mm.

Hal itu dikarenakan vinyl jenis ini dijual dalam bentuk gulungan. Maka bagi Anda yang menginginkan pelapis lantai yang tebal, vinyl plank atau vinyl tile merupakan pilihan yang lebih tepat.

2. Pilih Motif Sesuai Konsep Hunian

Vinyl hadir dalam berbagai motif dan warna yang bisa dipilih sesuai selera. Motif yang paling sering ditemui adalah motif kayu dan batu alam. Apabila Anda sedang menginginkan konsep natural pada ruangan, vinyl motif kayu bisa menjadi pilihan yang sempurna. Selain itu, lantai vinyl juga ada yang memiliki tekstur dan juga ada licin atau rata.

3. Ketahanan Api

Salah satu keunggulan lantai vinyl adalah ketahanannya terhadap api. Jika ingin mengetes kualitas lantai vinyl, Anda bisa melakukannya dengan cara menyalakan pemantik api di atas permukaan vinyl. Apabila setelah 10 menit permukaan vinyl tidak meninggalkan bekas gosong atau terbakar, maka vinyl itu memiliki ketahanan terhadap api yang baik.

4. Elastisitas

Karena tingkat elastisitasnya yang tinggi, lantai vinyl mudah untuk di aplikasikan pada bangunan. Cukup dengan menggunakan lem dan lantai vinyl pun sudah bisa menempel dengan kuat.

Namun, ada baiknya Anda mengecek tingkat elastisitas lantai sebelum memutuskan jenis vinyl yang akan dipakai. Caranya dengan mempertemukan kedua sisi permukaan lantai dengan melipatnya. Apabila lantai vinyl bisa kembali seperti bentuk semula tanpa bekas lipatan atau pecah, maka vinyl tersebut terbuat dari bahan berkualitas.

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply