Jasa Penulis Artikel Layanan Penulisan Artikel SEO Untuk Blog

5 Tools untuk Cek Backlink Gratis dan Premium

Dalam pembuatan website, ada banyak hal yang wajib diperhatikan. Bukan hanya tentang tampilan web agar menarik pembaca atau artikel dengan tema menarik. Tapi kalian juga wajib mengetahui cara optimasi website agar bisa masuk dalam halaman pertama di mesin pencarian Google. Hal tersebut sering disebut dengan Search Engine Optimization atau disingkat SEO.

Tools untuk Cek Backlink

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan backlink. Bagi yang belum tahu, backlink merupakan sebuah artikel yang isinya mencantumkan salah satu artikel kalian. Dengan begitu, performa artikel dan juga web yang kalian miliki akan semakin tinggi. Nah, supaya kalian dapat mengetahui berapa artikel yang mengarah kepada web kalian, ada beberapa tools untuk cek backlink yang dapat diakses. Berikut adalah ulasannya.

Small SEO Tools, Tools untuk cek backlink dengan fitur lengkap

Small SEO Tools

Tools untuk cek backlink pertama yang bisa kalian coba adalah Small SEO Tools. Di sini, kalian bisa mendapatkan banyak keuntungan, karena dilengkapi dengan Site PR dan Page PR. Selain itu, di sini juga terdapat fitur yang lengkap dan dijamin dapat mempermudah. Seperti Online Ping Website Tool, Backlink Checker, Google PageRank Checker, Code To Text Ratio Checker, Website Links Count Checker, Article Rewriter Pro, Keyword Position, Link Tracker, Website Page Speed Checker, Website Page Size Checker, dan masih banyak lagi.

Alexa Tools Backlink, Bisa untuk cek sumber backlink

Alexa Tools Backlink

Kemudian, kalian juga dapat mencoba Alexa Tools Backlink. Di mana sebenarnya tools ini dipakai untuk melihat peringkat website. Namun, di tools ini ternyata juga terdapat fitur untuk memeriksa sumber backlink dari website yang telah terindex oleh Google. Caranya mengeceknya adalah ketik https://alexa.com/siteinfo/ (nama website), lalu scroll sampai ke bagian bawah dan temukan tulisan total site linking in.

Ahrefs, tools lengkap dan terpercaya

Ahrefs

Tools untuk cek backlink selanjutnya adalah Ahrefs. Tools ini agak kurang populer, namun banyak jasa backlink specialist yang menggunakannya, karena terdapat angka DR atau Domain Rank. Yang mana angka dari DR ini cukup akurat seperti PageRank Google. Kemudian, di sinii pula kalian juga bisa melihat jenis backlink yang ada bersifat dofollow (diikuti robot) atau tidak. Tapi, untuk mendapatkan akses penuh dari tools ini, kalian wajib membayar sejumlah uang.

Google Webmaster Tool, sama akuratnya dengan Ahrefs

Google Webmaster Tool

Selain Ahrefs, ada juga Google Webmaster Tool yang tak kalah akurat. Untuk mengetahui jumlah backlink, kalian tinggal masuk ke halaman dashboard Google Webmaster Tool terlebih dulu. Kalau sudah, klik url blog yang ingin kalian ketahui backlink-nya. Kemudian, lihatlah di bagian kiri halaman yang terdapat menu dan submenu yang dipakai untuk mengoptimalkan situs kalian. Lalu klik Search Traffic dan klik submenu Links To Your Site. Apabila sudah, perhatikan bagian bawah yang bertuliskan Total Links. Di sana terdapat jumlah total backlink pada blog kalian.

Semrush Toolkit, Bisa untuk cek backlink kompetitor

Semrush Toolkit

Kalian kepo dengan backlink dari kompetitor? Bisa banget untuk mencoba Semrush Toolkit. Dengan begitu, kalian bisa memutuskan berapa backlink yang dapat digunakan untuk meningkatkan web sekaligus menganalisanya. Tapi sayangnya, kalian harus berlangganan berbayar untuk menggunakan akses lengkap pada Semrush Toolkit ini.

Itulah beberapa tools untuk memeriksa backlink yang dapat digunakan. Ada yang gratis dan juga berbayar. Jadi, kalian bisa memilih tools sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana, kalian ingin memilih tools yang mana nih untuk optimasi web?

ARTIKEL TERKAIT :

Leave a Reply